Pedagang ITC Serentak Tutup Toko, Ikappi: Harusnya Pemerintah Beri Edukasi, Bukan Razia
Salah satu tempat penjualan ponsel di Jakarta
12:16
21 Juli 2024

Pedagang ITC Serentak Tutup Toko, Ikappi: Harusnya Pemerintah Beri Edukasi, Bukan Razia

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) memintah para pedagang tidak panik atas keberadaan satgas barang impor ilegal yang mulai beredar. Dikabarkan ada razia dari satgas barang impor ilegal, sehingga para pedagang langsung buru-buru untuk menutup tokonya.

Ketua Umum DPP IKAPPI, Abdullah Mansuri menghimbau seluruh pedagang di tanah abang dan pedagang-pedagang kecil di ITC untuk tidak terpengaruh atas isu-isu di hembuskan dalam proses melakukan razia terhadap barang-barang ilegal.

"Kami menghimbau kepada pedagang untuk tetap tenang dan selalu berkoordinasi dengan pedagang-pedagang yang lain agar tidak terpengaruh oleh isu-isu yang berhembus akhir-akhir ini," ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip, Minggu (21/7/2024).

Menurut Abdullah, pedagang pasar tanah abang dan pedagang ITC sesungguhnya adalah pedagang kecil yang harus mendapatkan perlindungan atau edukasi terhadap barang-barang impor ilegal. Sebenarnya, hal itu menjadi tugas pemerintah untuk memberikan penguatan edukasi serta perlindungan terhadap barang-barang ilegal.

Baca Juga: Mendag Zulhas Buktikan Indonesia Penuh Barang Impor Ilegal, Pedagang Panik Tutup Toko

Pihanya juga, meminta kepada satgas untuk melakukan razia dengan mekanisme yang sudah di atur oleh undang-undang.

"Antara lain harus menyertakan surat pemberitahuan, harus memberikan pengetahuan atau informasi terlebih dahulu agar pedagang mengetahui informasi-informasi yang sekarang banyak berseliweran di pedagang pasar tanah abang maupun pedagang ITC," kata dia.

Abdullah menyebut, kekinian pedagang pasar tanah abang dan ITC memiliki kekhawatiran jika barang-barang yang dijual itu merupakan barang-barang yang impor. Padahal, Ikappi tidak tahu itu termasuk ilegal atau tidak, sehingga ada kekhawatiran bahwa barang yang dibeli dari distributor itu dianggap ilegal dan disita, Itu yang menyebabkan pedagang kita sedikit khawatir.

"Isu ini bermula dari statement menteri perdagangan bahwa menyatakan sikap untuk memberantas barang impor ilegal, razia barang-barang impor ini meluas isunya dan membuat pedagang panik karena beberapa oknum menyatakan bahwa barang-barang yang ada di pasar juga termasuk barang ilegal," kata dia.

"Ini yang membuat kekhawatiran dari para pedagang sehingga mereka saat ini membuka tutup kiosnya. Perlu saya informasikan bahwa saat ini pedagang kecil, pedagang umkm, pedagang tanah abang dan pedagang di ITC itu adalah pedagang kecil yang mendapatkan barang dari distributor tanpa mengetahui apakah itu impor atau tidak," sambung dia.

Baca Juga: Tak Ada Celah, Pemerintah-Pengusaha Resmi Pelototi Barang Impor Masuk untuk 7 Komoditas

Abdullah menambahkan, seharusnya pedagang mendapatkan edukasi bukan malah ditakut-takuti, seperti apa saja contoh barang impor ilegal dan apa saja contoh barang yang tidak boleh dijual.

"Kami berharap ini menjadi perhatian penting karena kondisi ekonomi kami cukup berat, kondisi pendapatan pedagang menurun drastis. Perlu ada langkah-langkah strategis dari pemerintah untuk menjaga dan melindungi pedagang kecil, pedagang tanah abang dan pedagang di ITC," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #pedagang #serentak #tutup #toko #ikappi #harusnya #pemerintah #beri #edukasi #bukan #razia

KOMENTAR