Anti Sambar Petir, KPI Pasang Alat Canggih di Semua Kilang Minyak
Kilang minyak Pertamina Balikpapan. [ANTARA]
23:22
17 Juli 2024

Anti Sambar Petir, KPI Pasang Alat Canggih di Semua Kilang Minyak

PT Kilang Pertamina Internasioal (KPI) mengungkapkan teknologi baru untuk menangkal petir agar tak menyambar kilang minyak. Salah satunya, memasang alat khusus untuk memproteksi daerah kilang agar tak tersambar petir.

Direktur Utama KPI, Taufik Aditiyawarman mengatakan, alat tersebut telah terpasang di seluruh kilang yang dikelola KPI oleh perusahaan.

"Contoh yang sudah kita lakukan, belajar dari fire incident 2020-2021. Itu kan dulu kan dosanya petir. Nah itu kita pasang semua lighting protection system di semua kilang," ujarnya di Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Taufik melanjutkan, pihaknya juga akan memasang alat baru, di mana bisa mengalihkan potensi terjadi petir ke tempat lain. Sehingga, petir tidak terjadi di kawasan kilang minyak.

Baca Juga: BBM Baru yang Akan Diluncurkan Pertamina di 17 Agustus Berjenis Diesel

Namun, alat tersebut masih dikaji oleh KPI, sebab merupakan alat baru di industri minyak dan gas.

"Belum (dipasang), sedang dikaji. Karena itu juga baru recently di industri itu muncul. Untuk mendekoying itu," jelas dia.

Selani itu, Taufik juga memastikan kondisi kilang prima mengolah bahan bakar. Misalnya, peremajaan alat-alat pendukung di seluruh kilang minyak.

"Ya tentunya permajaan itu harus. Karena over the time itu kondisi pabrik kan menurunlah, kesehatan pabrik itu. Kita kan harus tetap jaga kesehatan pabrik itu yang dalam kondisi prima," ucap dia.

"Mudah-mudahan dengan bantuan itu, pengenalan kita kenal dengan teknologi yang ada, update. Itu bisa kita terapkan di kilang kita, sehingga kilang kita bisa lebih handal dan lebih terproteksi. Itu tujuannya sebenarnya," pungkas Taufik.

Baca Juga: Pertamina dan BKI Terus Bersinergi untuk Tingkatkan Kinerja

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #anti #sambar #petir #pasang #alat #canggih #semua #kilang #minyak

KOMENTAR