Erick Thohir Targetkan Pembangunan Bali Maritim Tourism Hub di Benoa Rampung September 2024
Menteri BUMN Erick Thohir
09:09
13 Mei 2024

Erick Thohir Targetkan Pembangunan Bali Maritim Tourism Hub di Benoa Rampung September 2024

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menargetkan pembangunan Bali Maritim Tourism Hub (BMTH) di kawasan Pelabuhan Benoa, Bali, rampung September 2024.

Erick menyebut, dengan penyelesaian ini nantinya akan bisa menciptakan ekosistem pariwisata di Bali dan juga berpotensi menghasilkan multiplier effect yang berkontribusi pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Bali sampai dengan 2,7 kali.

"Serta meningkatkan kunjungan turis asing di Pelabuhan Benoa 1,5 kali lipat dan turis domestik hingga 2 kali lipat," kata Erick Thohir dalam keterangannya usai mengecek progres pembangunan di Bali.

Dalam kunjungannya, Erick mendorong Pelindo sebagai agent development untuk segera merampungkan pembangunan BMTH untuk mendorong pariwisata Bali dan tentunya Indonesia. 

Ia pun optimistis, dengan dukungan Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan Kementerian terkait seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Kementerian Perhubungan, BMTH bisa selesai sesuai target.

Menurutnya, kehadiran BMTH sudah menjadi daya tarik wisatawan mancanegara melalui cruise, terbukti pada tahun 2023 Pelabuhan Benoa sukses menyandarkan 48 cruised engan arus penumpang mencapai 77 ribu orang.

"Ini menjadi salah satu indikasi potensi peningkatan kunjungan wisata baru di Bali dari sisi laut. Selain itu BMTH juga akan menarik pasar turis kelas atas atau exclusive," jelasnya.

“Ini merupakan potensi bagus. Tahun ini dengan berbagai penambahan kapasitas yang ada di BMTH kami yakin jumlahnya akan meningkat," tambah Erick.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono menjelaskan BMTH selama pengerjaannya proyek ini menyerap sekitar 1.900 pekerja lokal untuk pembangunannya. BMTH juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitar kawasan Benoa.

"Progres pembangunan BMTH saat ini sudah mencapai 93 persen. Hal ini menunjukkan komitmen dan kerja keras semua pihak yang terlibat dalam proyek ini, dan sesuai dengan arahan Menteri BUMN akan segera dirampungkan pada september 2024,” pungkas Arif.

Seperti diketahui, BMTH merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang dicanangkan oleh Pelindo atau PT Pelabuhan Indonesia untuk mengembangkan Pelabuhan Benoa, Bali, menjadi hub pariwisata maritim unggulan.

BMTH mengintegrasikan antara sektor pariwisata, pelabuhan, dan entertainment untuk menciptakan multiplier effect bagi pertumbuhan perekonomian regional dan nasional.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #erick #thohir #targetkan #pembangunan #bali #maritim #tourism #benoa #rampung #september #2024

KOMENTAR