Sistem Absensi Karyawan Ini Bisa Tingkatkan Produktivitas Perusahaan
Ilustrasi karyawan (Pexels/Thirdman)
15:09
11 Mei 2024

Sistem Absensi Karyawan Ini Bisa Tingkatkan Produktivitas Perusahaan

Sistem absensi Clock in dan clock out merupakan proses absensi yang dilakukan karyawan saat mereka datang dan pulang dari tempat kerja.

Walaupun terlihat sederhana, proses ini memiliki peran penting dalam menjaga kedisiplinan dan produktivitas kerja, serta memengaruhi sistem penggajian.

Head of Business Mekari Talenta, Stevens Jethefer, mengatakan, sistem clock in dan clock out yang baik haruslah mudah digunakan, akurat dalam merekam kehadiran karyawan, dan terintegrasi dengan sistem absensi dan payroll.

"Sistem ini tidak boleh disepelekan karena berdampak langsung pada pengaturan HR dan produktivitas kerja," ujarnya ynag dikutip, Sabtu (11/5/2024).

Kekinian, banyak perusahaan beralih ke teknologi untuk mendukung kelancaran clock in dan clock out.

Teknologi ini tidak hanya mempermudah proses absensi, tetapi juga memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan data mengenai pola hadir karyawan yang dapat digunakan untuk merancang kebijakan HR yang lebih efektif.

Stevens memprediksi bahwa teknologi mutakhir seperti touchless portal dengan facial recognition akan semakin banyak diadopsi oleh perusahaan untuk memudahkan clock in dan clock out karyawan.

Teknologi ini menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dan mempercepat proses absensi.

"Dengan sistem clock in dan clock out yang baik dan pemanfaatan teknologi mutakhir, perusahaan dapat meningkatkan kedisiplinan dan produktivitas kerja karyawan, serta mempermudah proses penggajian," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #sistem #absensi #karyawan #bisa #tingkatkan #produktivitas #perusahaan

KOMENTAR