Pemerintah Bingung Ada Kebijakan Dukung Industri Alas Kaki, Tapi Bata Tutup Pabrik
Ilustrasi Toko Sepatu Bata/[Dok Bata.com]
16:48
8 Mei 2024

Pemerintah Bingung Ada Kebijakan Dukung Industri Alas Kaki, Tapi Bata Tutup Pabrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merasa bingung dengan penutupan pabrik sepatu yang dilakukan oleh PT Sepatu Bata Tbk. Padahal, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang mendukung industri alas kaki di dalam negeri.

Salah satu kebijakannya yaitu pelarangan dan pembatasan produk impor dalam industri alas kaki. Kebijakan ini justru bisa memacu industri alas kaki bisa berkembang tanpa serbuan produk impor

"Adanya kebjakan lartas itu ya seperti itu. Makanya kami bingung ditutup, harusnya dibuka lagi pabriknya," ujar Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif dalam keterangannya di Kantor Kemenperin, Jakarta yang ditulis Rabu (8/5/2024).

Ilustrasi Pabrik Sepatu Bata [Ist]Ilustrasi Pabrik Sepatu Bata [Ist]

Febri menilai, seharusnya lewat kebijakan manajemen Bata bisa memperkuat pabrik, dengan mencari investor yang mendanai operasional.

"Kami sarankan untuk memperkuat lagi pabriknya di Indonesia. Kebijakan lartas itu untuk mendorong investasi di industri alas kaki," kata dia.

Febri menilai, memang bisnis Bata lebih banyak di sektor ritel, di mana produksinya kebanyakan dari impor.

"Kami lihat komposisi bisnisnya Bata itu sebagian besar ada di ritel, dan produk ritel mereka itu diisi dari produk impor," jelas dia.

Febri melanjutkan, manufaktur Bata di indonesia juga sangat minim. Bahkan, hampir seluruh bahan bakunya diambil dari luar negeri.

Namun demikian, dia menyebut Kemenperin akan memanggil manajemen Bata untuk mengklarifikasi soal penutupan pabrik.

"Kami akan panggil industri alas kaki Bata," pungkas dia.

Editor: Achmad Fauzi

Tag:  #pemerintah #bingung #kebijakan #dukung #industri #alas #kaki #tapi #bata #tutup #pabrik

KOMENTAR