Rombak Direksi dan Komisaris, XL Axiata Bagikan Dividen Rp 635,5 Miliar
RUPST XL Axiata bagikan dividen dan umumkan susunan direksi baru. (Istimewa)
09:27
4 Mei 2024

Rombak Direksi dan Komisaris, XL Axiata Bagikan Dividen Rp 635,5 Miliar

- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan perombakan susunan direksi dan komisaris, serta membagikan dividen. Perombakan itu dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 pada Jumat (3/5).

Untuk direksi, RUPS XL Axiata memutuskan untuk mengangkat Rico Usthavia Frans sebagai salah satu direktur. Sebelumnya, Rico Usthavia Frans. Chief IT, Digital, and Analytics di XL Axiata pada bulan September 2023.

Pengangkatan Rico Usthavia Frans sebagai direktur karena dia memiliki banyak bekal penglaman. Di antaranya pernah menjadi Komisaris Utama di PT Mitratel Tbk. Link Aja, Awan Tunai, Centre Park, dan Qoora.

Rico juga berpengalaman di industri perbankan. Dia pernah berkarir di Citibank sebagai Country Marketing Director hingga 2010, SVP Electronic and Transaction Banking dan IT Director di Bank Mandiri hingga 2021.

Selain direksi, RUPST juga mengangkat komisaris independen baru. Yaitu, Yasmin Aladad Khan dan Didi Syafruddin Yahya. Keduanya menggantikan Yasmin Stamboel Wirjawan dan Muliadi Rahardja yang habis masa jabatannya. Dua komisaris itu diperkuat oleh beberapa anggota komisaris lainnya, yakni Nik Rizal Kamil Nik Ibrahim Kamil. Mereka menjabat untuk masa tugas periode 2024-2029.

Tidak hanya melakukan perombakan, direksi dan komisaris XL Axiata juga membagikan dividen untuk para pemegang saham. Total dividen untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023. Total dividen yang dibagi sebanyak Rp 635,5 miliar atau 50 persen dari keuntungan setelah penyesuaian.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, Perseroan kembali menyetujui penggunaan 50 persen dari keuntungan setelah penyesuaian, untuk dibagikan sebagai dividen kepada para pemegang saham. "Total dividen ini kurang lebih sebesar Rp 635,5 miliar yang setara dengan Rp 48,6 per lembar saham," ujar Dian Siswarini.

Dian menyebut, sisa dari keuntungan lainnya akan dipergunakan sebagai alokasi cadangan umum sebesar Rp 100 juta dan selebihnya dicatat dalam saldo laba ditahan untuk mendukung pengembangan usaha Perseroan.

Dia menyebut, memberikan dividen merupakan wujud apresiasi kepada pemegang saham yang telah mendukung perusahaan untuk dapat terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini.

 

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #rombak #direksi #komisaris #axiata #bagikan #dividen #6355 #miliar

KOMENTAR