Tren Gadai Emas di Masyarakat Meningkat Jelang Lebaran
Petugas Pegadaian menunjukkan Emas di Kantor Pegadaian, Jakarta, Rabu ( 9/11/2022). Harga emas semakin murah akibat kenaikan suku bunga acuan AS (Feed Rate). FOTO : FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS
22:45
6 April 2024

Tren Gadai Emas di Masyarakat Meningkat Jelang Lebaran

Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Pebriansyah mengungkapkan tren pembelian dan gadai emas di masyarakat mengalami peningkatan jelang hari raya lebaran.

"Bahkan emas ini kita sudah menyentuh angka 5 persen (pembelian emas yang cicilan). Untuk gadainya kita sudah 5,5 persen tumbuhnya," ujar Eka kepada wartawan di Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Eka menjelaskan, pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh permintaan kebutuhan masyarakat dan menjaga aset agar tetap aman saat ditinggal mudik lebaran.

"Untuk yang di Pegadaian ini unik ya. Jadi ketika lebaran ada juga nasabah 'wah saya mau ngambil nih'. Biasanya begitu dapat uang Tunjangan Hari Raya (THR), ditebus nih," jelas Eka.

"Tapi banyak juga yang menggadaikannya juga. Contoh saya mau mudik. Saya punya emas banyak, kalau saya simpen apa resikonya? bisa hilang. Wah bahaya nih. Nah trus gimana caranya? udah digadai," tambahnya, menerangkan.

Selain perorangan, lanjut Eka, terdapat pula perusahaan yang menggadaikan asetnya ke Pegadaian untuk membayar hak tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya.

"(Periode) Ramadhan jelang lebaran ini kalau liat trennya agak imbang. Artinya nasabah yang mau nebus juga ada, yang gadai juga banyak," pungkasnya.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tren #gadai #emas #masyarakat #meningkat #jelang #lebaran

KOMENTAR