Longsor Tol Bocimi Menambah Panjang Daftar Kecelakaan Kerja di Proyek Waskita Karya
Kondisi kemacetan kendaraan di tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) pada H+1 Lebaran, Senin (24/4/2023) FOTO ANTARA/Fadjar Ilham Pangestu
13:10
4 April 2024

Longsor Tol Bocimi Menambah Panjang Daftar Kecelakaan Kerja di Proyek Waskita Karya

Longsor terjadi di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ( Tol Bocimi) KM 64 arah Jakarta menuju Sukabumi pada Rabu (3/4/2024) malam. Peristiwa ini menambah panjang daftar kecelakaan kerja yang terjadi pada jalan tol yang dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT).

Diketahui bahwa PT Waskita Karya (Persero), melalui anak perusahaan PT Waskita Toll Road (WTR), merupakan pemilik 64,12 persen saham PT Trans Jabar Tol, pemilik konsesi Tol Bocimi.

Selain peristiwa amblesnya Tol Bocimi, sebelumnya terdapat tujuh kasus kecelakaan kerja pada tol yang dikelola oleh PT Waskita Karya antara lain:

  1. 22 September 2017, saat masa pembangunan, jembatan jalan Tol Bocimi juga sempat ambruk dan menewaskan satu orang serta melukai dua orang.
  2. 29 Oktober 2017, girder box untuk pembangunan jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspor) jatuh dan menewaskan satu pekerja serta dua pekerja luka-luka.
  3. 16 November 2017, crane pengangkut Variable Message Sign (VMS) untuk pembangunan jalan Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) jatuh dan menutup empat lajur kendaraan.
  4. 30 Desember 2017, girder di proyek pembangunan jalan Tol Pemalang-Batang ambruk ketika hendak dipasangkan.
  5. 2 Januari 2018, terjadi benturan alat berat di Tol Depok-Antasari yang mengakibatkan girder terguling.
  6. 20 Februari 2018, kepala tiang jembatan dalam bagian proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) ambruk dan mengakibatkan tujuh pekerja mengalami luka-luka.
  7. 16 Agustus 2020, konstruksi proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi IV, Jakarta Utara ambruk saat pengecoran.

Pada kasus amblesnya Tol Bocimi kemarin, terdapat dua orang korban luka-luka yang telah dievakuasi ke rumah sakit terdekat. Pihak manajemen tol menduga longsor terjadi karena gerusan air akibat curah hujan lebat di sekitar lokasi.

Waskita Toll Road dan Waskita Karya mengaku akan meninjau terlebih dahulu kondisi ruas Tol Bocimi pasca longsor kemudian melakukan evaluasi keseluruhan agar kejadian dapat tidak terulang kembali di masa depan. (Kevino Dwi Velrahga)

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #longsor #bocimi #menambah #panjang #daftar #kecelakaan #kerja #proyek #waskita #karya

KOMENTAR