Daftar 7 Jalan Tol Fungsional di Jawa dan Sumatera Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024
Ilustrasi: Jalan tol
12:18
3 April 2024

Daftar 7 Jalan Tol Fungsional di Jawa dan Sumatera Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan akan ada tujuh jalan tol di Pulau Jawa dan Sumatera yang akan dioperasikan secara fungsional atau dibuka gratis selama periode saat arus mudik dan balik lebaran 2024.   Basuki mengatakan, sebanyak 50,45 kilometer jalan tol fungsional yang akan difungsionalkan berada di Pulau Jawa. Pertama, Jalan Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang.   Kedua, yaitu Tol Solo-Jogja segmen Colomadu-Klaten sepanjang 22,3 kilometer yang disebut bisa melewati kurang lebih 38 traffic light atau lampu lalu lintas di antara Kartasura-Jogja.  

  "Ini kami sebutkan karena ini sudah bisa melewati kurang lebih 38 traffic light antara Kartosuro-Jogja, jadi dengan fungsional 22,3 km ini masyarakat sudah tidak melalui 38 traffic light," kata Basuki dalam Rapat Kerja Persiapan Mudik 2024 bersama Komisi V DPR RI, di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (2/4).   Selanjutnya, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B sepanjang 19,5 kilometer. “Sudah jadi, tinggal menunggu peresmian,” imbuhnya.   Selain di Jawa, jalan tol fungsional juga dioperasikan di Sumatera. Meliputi, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi 2 dari Kuala Tanjung-Indrapura dan seksi 3-4 dari Tebing Tinggi-Sinaksak. Basuki mengatakan ruas tol fungsional tersebut panjangnya mencapai 47 kilometer.  

  Tol fungsional berikutnya adalah Tol Bangkinang-Koto Kampar sepanjang 24,7 kilometer; Tol Indrapura-Kisaran seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32 kilometer.   "Serta Tol Kayuagung-Palembang-Betung seksi Musi Landas-Desa Sukamulya sepanjang 21 kilometer," pungkasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #daftar #jalan #fungsional #jawa #sumatera #selama #arus #mudik #balik #lebaran #2024

KOMENTAR