Pengeboran Gemah-74 Hasilkan Minyak 1.323 BOPD, PetroChina Jabung Lanjutkan ke Sumur Gemah-77
Acara 'Media Gathering with Jakarta Journalists' PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL), pada hari Senin (18/3). (Estu Suryowati/JawaPos.com)
19:54
20 Maret 2024

Pengeboran Gemah-74 Hasilkan Minyak 1.323 BOPD, PetroChina Jabung Lanjutkan ke Sumur Gemah-77

- Operator Wilayah Kerja Jabung, PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL), terus melanjutkan berbagai program eksplorasi dan pengembangan sepanjang tahun 2024 demi meningkatkan produksi. Dalam acara 'Media Gathering with Jakarta Journalists' pada hari Senin (18/3), PCJL menyampaikan beberapa program yang berjalan sejak awal tahun meliputi tajak di sumur pengembangan Gemah-74 dan Gemah-77, serta proses rig-up untuk memulai program eksplorasi di sumur NEB Base-3.

“Mari kita doakan hasil terbaik yang dapat menambah cadangan minyak dan gas di Jabung,” Exploration Manager Hendra Niko Saputra menjelaskan dalam paparan singkatnya.

Hendra menambahkan, survei seismik 3D dan 2D juga masih berlangsung dengan lancar. Program ini dimulai Desember tahun lalu dan akan berlangsung kira-kira 10 bulan.

Survei 3D akan dilaksanakan di area seluas 121 kilometer persegi (km2) di Prospek Ketemu dan area seluas 71 km2 di Prospek Rukam. Sedangkan, survei 2D akan dilakukan di sejumlah area di bagian timur Wilayah Kerja (WK) Jabung sepanjang 250 kilometer.

Pada tahun ini pula, PCJL merencanakan program pengeboran di 9 sumur pengembangan dan 1 sumur eksplorasi. Selain itu, ada pula pengerjaan 23 sumur workover (kerja ulang), 194 well services (perawatan sumur), membangun tambahan fasilitas produksi di lapangan Panen, serta melaksanakan perbaikan rutin kompresor di beberapa fasilitas produksi.

Pengeboran sumur pengembangan pertama tahun 2024 yaitu sumur Gemah-74 telah berhasil mendapatkan hidrokarbon minyak sebesar 1.323 BOPD, gas 2,4 MMSCFD, 0 BWPD, WHP 1.138 psig pada jepitan 32/64-inch di lapisan L3 zona Lower Lumut Formasi Lower Talang Akar. Saat ini sedang dilanjutkan dengan pengeboran kedua yaitu Gemah-77 dengan target minyak sebesar 200 BOPD.

Selama Januari–Februari, PCJL juga telah menyelesaikan 4 program workover dan 14 aktivitas well services sebagai bagian dari program kerja yang tertuang dalam Work Program & Budget (WPNB) 2024. Tahun ini, PCJL menargetkan produksi sebesar 54.674 barel setara minyak per hari (BOEPD) yang terdiri atas minyak dan kondensat sebesar 15.100 BOEPD dan gas termasuk LPG sebesar 165,71 MMSCFD.

Reservoir Engineering Manager Wicaksono mengatakan, Wilayah Kerja Jabung sudah masuk kategori aging block, sehingga perlu penerapan teknologi baru untuk menjaga produksi. Termasuk diantaranya, electrical dan chemical stimulation, micro-LNG, WH compressor dan multiphase pump.

"Saat ini kita juga sedang melakukan studi Pre-Feasibility EOR CO2 Injection dan Chemical Injection sebagai bagian dari Komitmen Kerja Pasti (KKP) perpanjangan WK Jabung, dan upaya PetroChina dalam mendukung target produksi tahun 2030 dan program Net Zero Emission tahun 2060," jelas Wicaksono.

Sejak awal masa produksi pada 1993 hingga 31 Desember 2023, Wilayah Kerja Jabung telah membukukan produksi kumulatif sebesar 423 juta barel setara minyak (BOE), meliputi 97,06 juta BOE minyak, 61,25 juta BOE kondensat, 112,37 juta BOE LPG dan 152,48 juta BOE gas sales. Selain fokus pada upaya menemukan cadangan migas dan menjaga produksi Jabung, PCJL juga terus meningkatkan budaya kesehatan dan keselamatan di antara insan PetroChina, serta melaksanakan program-program sosial bagi masyarakat.

Sebagai operator Wilayah Kerja Jabung, PCJL berkomitmen untuk menjalankan operasi migas yang aman, ramah lingkungan, serta memberikan dukungan bagi masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG).

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Program dan Komunikasi Hudi D Suryodipuro mengatakan, kegiatan media gathering yang diselenggarakan oleh Petrochina dibulan Ramadhan ini adalah hal yang positif. Dia mengharapkan melalui kegiatan ini akan terjalin komunikasi yang lebih baik antara Petrochina dengan media sehingga kedepan akan semakin banyak berita-berita positif mengenai kegiatan PetroChina.

Hudi menyampaikan apresiasinya atas program-program pemboran eksplorasi dan pengembangan yang dikakukan oleh PetroChina yang lebih masif dibandingkan tahun lalu yang selaras dengan program peningkatan pemboran eksplorasi dan pengembangan yang ditargetkan SKK Migas di tahun 2024.

Program pemboran eksplorasi dan pengembangan di PetroChina tidak hanya meningkat tetapi juga dilaksanakan dengan menjunjung tinggi aspek health, safety dan environment (HSE). "Kami berharap hal yang baik ini dapat terus dijaga secara konsisten sehingga bisa mencapai zero accident. Mudah-mudahan akan diperoleh penemuan cadangan baru di PetroChina sehingga produksinya kedepan bisa terus meningkat untuk mendukung pencapaian target yang telah ditetapkan Pemerintah yaitu produksi minyak 1 juta barel dan gas 12 miliar kaki kubik per hari,"  ujar Hudi.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #pengeboran #gemah #hasilkan #minyak #1323 #bopd #petrochina #jabung #lanjutkan #sumur #gemah

KOMENTAR