Gaduh Sidang Isbat Boroskan Anggaran Negara, Segini Biayanya Untuk Sekali Rapat
Ilustrasi. Sidang Isbat merupakan momen penting dalam penentuan awal bulan Hijriah di Indonesia. Di balik kepentingannya, anggaran sidang Isbat kerap menjadi perbincangan.
14:47
11 Maret 2024

Gaduh Sidang Isbat Boroskan Anggaran Negara, Segini Biayanya Untuk Sekali Rapat

Sidang Isbat merupakan momen penting dalam penentuan awal bulan Hijriah di Indonesia. Di balik kepentingannya, anggaran sidang Isbat kerap menjadi perbincangan, karena dituding boroskan anggaran negara karena efisiensi penggunaannya.

Sebelumnya, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengusulkan agar sidang isbat ditiadakan demi menghemat anggaran negara. 

Menurutnya, saat ini keuangan negara sedang tidak baik-baik saja dan penentuan awal bulan bisa dilakukan dengan metode hisab hakiki yang sudah diakui keabsahannya.

Anggaran sidang Isbat bervariasi setiap tahunnya, tergantung jumlah undangan dan lokasi penyelenggaraan. Pada tahun 2024 Kementerian Agama (Kemenag) mengklaim anggarannya tidak mencapai Rp1 miliar.

"Kita ini baru berapa ratus juta kalau dihitung, apalagi ini untuk kepentingan kebersamaan. Lalu kita difitnah, kita pernah dibilang Rp9 miliar itu difitnah," kata Kasubdit Hisab Rukyat dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Ismail Fahmi pada akhir pekan lalu di Kantor BRIN.

Anggaran itu digunakan untuk konsumsi dan transportasi, undangan, narasumber, dan panitia, biaya rapat, perlengkapan sidang, dokumentasi hingga publikasi.

Meski demikian beberapa pihak menyebut anggaran sidang Isbat tak luput dari kritik, terutama terkait besarannya. Beberapa pihak menilai bahwa anggaran tersebut dapat dihemat dengan memanfaatkan teknologi dan meminimalisir jumlah undangan.

"Bagi saya kalau untuk kepentingan umat berapa pun. Kami siap berikan yang penting itu untuk kepentingan umat," katanya.

Lebih lanjut, Ismail mengatakan bahwa sidang isbat bukan hanya tentang penentuan awal bulan, tetapi juga sebagai forum silaturahmi dan edukasi bagi umat Islam.

"Sidang isbat menjadi wadah bagi para ahli hisab dan astronomi untuk menyampaikan hasil rukyat dan hisabnya. Selain itu, sidang isbat juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang metode penentuan awal bulan Hijriah," kata Ismail.

Polemik anggaran sidang isbat ini tampaknya masih akan terus berlanjut. Di satu sisi, ada yang ingin sidang isbat ditiadakan demi menghemat anggaran. Di sisi lain, ada yang berpendapat bahwa sidang isbat tetap perlu diadakan sebagai forum silaturahmi dan edukasi bagi umat Islam.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #gaduh #sidang #isbat #boroskan #anggaran #negara #segini #biayanya #untuk #sekali #rapat

KOMENTAR