Ditjen Hubla Bekali Awak Kapal Negara Patroli Kemampuan Operasional Keselamatan Pelayaran
Pelatihan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub terkait peningkatan keterampilan Boarding Officer di Surabaya. (Istimewa)
08:09
21 Pebruari 2024

Ditjen Hubla Bekali Awak Kapal Negara Patroli Kemampuan Operasional Keselamatan Pelayaran

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menggelar pelatihan peningkatan keterampian Boarding Officer di Surabaya. Pelatihan kepada awak kapal negara patroli KPLP untuk mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Jon Kenedi mengatakan dengan pelatihan bertujuan mempersiapkan seluruh jajaran Awak Kapal Negara Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai semakin siap menjalankan tugas operasional sehingga mampu menghadapi berbagai macam bentuk permasalahan.

“Kegiatan pelatihan dari Awak Kapal Negara Patroli pada Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berjumlah 24 peserta,” ujar Jon Kenedi.

Pelaksanaan kegiatan Boarding Officer dilaksanakan di Surabaya dan Daerah Lingkungan Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak yang berlangsung dari 19 hingga 23 Februari 2024.

Jon kenedi menjelaskan dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personil Awak Kapal Negara Patroli KPLP harus cekatan, profesional dan menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim.

Selain itu, perlu pula dibekali dengan pengetahuan keterampilan khusus, seperti keterampilan Boarding Officer karena keterampilan ini adalah suatu bentuk performa untuk ketangkasan mempertahankan diri saat menghadapi ancaman dalam situasi darurat dan terdesak.

Pemerintah memiliki komitmen untuk menjamin pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran yang mutlak di Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, sehingga para pengguna Jasa Transportasi Laut merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatannya.

Boarding Officer merupakan bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat untuk awak kapal negara yang berisikan teknik menghindari serangan dan melumpuhkan lawan bilamana menghadapi ancaman bahaya pada saat melakukan operasi di perairan.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #ditjen #hubla #bekali #awak #kapal #negara #patroli #kemampuan #operasional #keselamatan #pelayaran

KOMENTAR