Mengenal Berbagai Produk Asuransi Syariah dari Astra Life
Foto: Asuransi Astra Life Syariah.
10:09
3 Oktober 2024

Mengenal Berbagai Produk Asuransi Syariah dari Astra Life

 Asuransi syariah merupakan bentuk perlindungan finansial yang didasarkan pada prinsip-prinsip syariah Islam. Asuransi ini berbeda dengan asuransi konvensional, baik dalam bentuk maupun pelaksanaannya.

Pada dasarnya, asuransi syariah dengan nilai-nilai universalnya cocok bagi siapa pun, karena asuransi syariah yang menerapkan prinsip tolong menolong memiliki banyak manfaat bagi pesertanya.

Menengok sedikit sejarahnya, praktik asuransi Syariah terinspirasi dari praktik yang lebih dikenal sebagai Aqilah. Di Arab dulu, apabila ada anggota suku yang terbunuh oleh anggota suku lain, pewaris korban akan dibayar sejumlah uang darah atau diyat sebagai kompensasi oleh saudara terdekat dari pembunuh.

Pada saat zaman Rasulullah SAW, prinsip Aqilah ini diterima dan dijadikan hukum Islam oleh Rasulullah SAW dan kemudian diwajibkan selama periode khalifah ke-2 Umar bin Khatab. Ini dipertahankan setelah Islam datang karena mengurangi pertumpahan darah dengan adanya kompensasi yang wajib dibayar dan mengubah tanggung jawab individu menjadi tanggung jawab bersama.

Pada abad ke-2 Hijriah, banyak pengusaha muslim yang mulai mempraktikan sistem kerjasama atau atta'awun. Di sistem ini pengusaha mengumpulkan uang yang bisa dipakai untuk menolong pengusaha lain yang tertimpa kemalangan misal kapal tenggelam, kebakaran, atau pencurian barang.

Lebih lanjut, di zaman modern setelah melewati beberapa fase dari prinsip ini berkembang menjadi asuransi Islam pertama yang berdiri di Sudan dan Arab Saudi pada tahun 1979. Hingga akhirnya masuk ke Indonesia menjadi asuransi syariah seperti yang dipahami dan dipraktikkan saat ini.

Dari prinsipnya, kebaikan asuransi syariah memfokuskan pada usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui kesepakatan dalam bentuk aset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan prinsip syariah.

Asuransi syariah bisa menghadirkan ketenangan karena dibuat dan dijalankan sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) dalam hal ini Fatwa No. 21/DSN-MUI/X/2001, berbagai ketentuan syariah yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta pengawasan oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) di setiap Perusahaan.

Tidak perlu ragu, asuransi syariah bisa jadi proteksi untuk diri sendiri dan keluarga, ini saatnya untuk para kepala keluarga bisa mempertimbangkan untuk segera memiliki proteksi asuransi berbasis syariah.

Head of Syariah Astra Life, Widyaningsih mengatakan, nilai-nilai kebaikan serta ragam manfaat yang dimiliki oleh asuransi Syariah tersebut, menjadi alasan bagi Astra Life Syariah untuk terus berinovasi menghadirkan produk dan layanan asuransi syariah yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Indonesia.

"Hal ini sejalan dengan visi dan misi Astra Life untuk membawa ketenangan pikiran dan membangun masa depan yang sejahtera bagi masyarakat Indonesia," ujarnya.

Apabila memilih asuransi syariah PAYDI atau Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi atau juga dikenal dengan unitlink, maka nasabah akan mendapatkan beberapa manfaat sekaligus yaitu proteksi serta potensi hasil investasi yang sesuai dan tentunya dikelola berdasarkan prinsip Syariah.

Pilihan fund atau dana investasi yang ada tetap disediakan dan dipilih sesuai dengan profil risiko nasabah. Pilihan aset/ instrumen pada setiap dana investasi/ fund disesuaikan dengan risiko serta ekspektasi tingkat imbal hasil sesuai kategori/ karakter dana investasi/ fund tersebut. Secara transparan nasabah dapat mengakses informasi mengenai kinerja fund serta aset/instrumen melalui informasi fund fact sheet.

Bagi yang ingin memiliki proteksi asuransi jiwa syariah, Astra Life menawarkan 4 produk asuransi syariah sebagai berikut:

1. AVA iFamily Protection Syariah yaitu asuransi jiwa berjangka (term life) dengan manfaat perlindungan terhadap risiko meninggal dunia karena sakit maupun kecelakaan, Santunan Harian Rawat Inap dan Santunan Harian Rawat Inap ICU, serta manfaat penggantian Biaya Rawat Jalan Darurat akibat kecelakaan termasuk perlindungan terhadap risiko meninggal dunia pada saat melakukan ibadah Haji/Umroh dan risiko meninggal dunia karena kecelakaan selama bulan Ramadan sampai dengan 5 syawal (manfaat mudik lebaran) dalam 1 polis asuransi yang terpadu. Kontribusi tahunan untuk produk asuransi ini dapat dimulai dari Rp1 juta dengan manfaat perlindungan asuransi sampai dengan Rp750 juta.

2. AVA iGriya Proteksi Syariah yaitu asuransi jiwa pembiayaan/ kredit yang mengikuti masa pembiayaan KPR, dengan batas usia perlindungan sampai dengan 70 tahun. Dengan asuransi ini, nasabah tidak perlu melakukan medical checkup untuk plafond KPR sampai dengan Rp6 miliar untuk usia perlindungan maksimal 50 tahun. Keuntungan lainnya adalah proses auto approve untuk pengajuan dengan manfaat perlindungan asuransi sebesar Rp700 juta untuk usia maksimal 45 tahun.

3. AVA Asya Hasanah Proteksi merupakan produk unitlink atau PAYDI sesuai prinsip syariah dengan keunggulan perlindungan menyeluruh dalam satu produk, mulai dari perlindungan jiwa, Terminal Illness, Cacat Total dan Tetap, hingga tambahan manfaat meninggal dunia karena kecelakaan selama periode mudik lebaran (manfaat mudik lebaran).

Selain itu, alokasi investasi yang ditawarkan sebesar 60% dari Kontribusi Dasar Berkala Tahun Polis ke-1. Nilai alokasi investasi ini bisa meningkat meningkat hingga 100% pada Tahun Polis ke-4 dan seterusnya. Nasabah juga bisa menikmati Manfaat Booster Investasi senilai 5% dari Kontribusi Dasar Berkala di Tahun Polis pertama yang didapatkan mulai dari awal Tahun Polis ke-6 hingga Tanggal Berakhirnya Polis, serta Manfaat Akhir Polis sebesar 100% Nilai Dana akan dibayarkan jika Peserta Utama Yang Diasuransikan hidup sampai Tanggal Berakhirnya Polis. Produk ini juga memberikan distribusi surplus underwriting dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

4. ASLI Asya Proteksi Syariah merupakan produk unitlink atau PAYDI dengan beragam manfaat perlindungan yaitu manfaat asuransi tutup usia, terminal illness, cacat total dan tetap serta tambahan manfaat tutup usia karena kecelakaan dalam periode mudik lebaran. Sebagai produk PAYDI, tentunya terdapat porsi kontribusi yang akan dialokasikan untuk investasi penempatan pada subdana-subdana syariah yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasinya.

Alokasi investasi pada ASLI Asya Proteksi Syariah ini adalah 60% pada tahun pertama dan akan meningkat hingga 100% pada tahun polis ke-4, sehingga diproyeksikan manfaat investasi akan lebih optimal serta membawa keberkahan karena dikelola sesuai dengan prinsip Syariah.

Fitur menarik lainnya pada ASLI Asya Proteksi Syariah adalah manfaat bonus loyalitas dan investment booster yang akan diberikan pada tahun polis ke-11 dan tahun polis ke-16 serta distribusi surplus underwriting dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai AVA iFamily Protection Syariah, AVA iGriya Proteksi Syariah, AVA Asya Hasanah Proteksi, dapat mengunjungi cabang PermataBank terdekat. Untuk ASLI Asya Proteksi Syariah dapat mengunjungi astralife.co.id/astra-life-syariah/ atau menghubungi Hello Astra Life Call Center 24 jam di nomor 1 500 282, serta nomor WhatsApp 08952-1500282 dan layanan e-mail [email protected] yang tersedia dari Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

Sebagai wujud komitmen dalam memastikan aspek perlindungan dan keamanan nasabah, seluruh produk asuransi syariah dari Astra Life sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #mengenal #berbagai #produk #asuransi #syariah #dari #astra #life

KOMENTAR