Antam Raih 17 Penghargaan Atas Penerapan Good Mining Practice dalam GMP Awards 2024
Nilus Rahmat - General Manager UBP Emas PT ANTAM Tbk (kanan) menerima penghargaan GMP Awards 2024 dari Hendra gunawan - Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara (kiri). (Dok: Antam)
11:47
27 September 2024

Antam Raih 17 Penghargaan Atas Penerapan Good Mining Practice dalam GMP Awards 2024

Sebanyak 17 penghargaan diperoleh PT Aneka Tambang (Antam). Ke-17 penghargaan ini didapatkan melalui unit bisnis dan anak usaha atas pelaksanaan Good Mining Practice (GMP), atas prestasi penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik (Good Mining Practice) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada aspek pengelolaan teknis pertambangan, aspek keselamatan pertambangan, aspek lingkungan hidup pertambangan, serta aspek konservasi mineral.

Direktur Operasi dan Produksi Antam, Hartono menyebut, penghargaan yang diberikan ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menjalankan operasi penambangan secara bertangung jawab, dengan menaati kaidah good mining practice dan operation excellence dengan mengutamakan keberlanjutan.

“Sebagai bagian dari Holding Industri Pertambangan MIND ID, ANTAM terus berupaya untuk mengelola sumber daya mineral Indonesia dengan menerapkan kepatuhan operasi guna memberikan imbal balik yang optimal bagi para pemangku kepentingan,” katanya.

Dalam GMP Awards 2024, melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas, Antam meraih tiga penghargaan Utama pada kategori pengelolaan teknis pertambangan, pengelolaan lingkungan hidup, serta konservasi mineral. Kemudian, UBP Bauksit Kalimantan Barat mendapat dua penghargaan Utama pada kategori pengelolaan teknis pertambangan, pengelolaan keselamatan pertambangan, serta dua penghargaan Pratama pada kategori pengelolaan lingkungan hidup, serta  aspek konservasi mineral.

Baca Juga: Deretan Bisnis Olla Ramlan, Tak Terima Anaknya Disangkutkan dengan Kasus Vadel-Lolly

UBP Nikel Maluku Utara meraih tiga penghargaan Pratama untuk kategori pengelolaan keselamatan pertambangan, pengelolaan lingkungan hidup, serta aspek konservasi mineral. Sementara UBP Nikel Kolaka meraih penghargaan Pratama pada kategori pengelolaan lingkungan hidup. Tiga anak usaha Antam, PT Gag Nikel, PT SDA dan PT NKA juga meraih GMP Awards 2024.

Hartono menyebut, hal ini merupakan bagian dari penerapan Good Mining Practice dalam operasional pertambangan berkelanjutan yang tidak hanya dilaksanakan ANTAM tapi termasuk pada anak usaha.

“Sudah menjadi tugas Antam untuk terus melaksanakan pertambangan berkelanjutan dengan mengedepankan aspek ESG pada seluruh lini operasi. Hal ini tidak hanya berlaku di unit/unit bisnis ANTAM tetapi juga di anak usaha,” tambahnya.

GMP Awards 2024 menjadi motivasi bagi Antam dan anak usaha untuk terus meningkatkan pengelolaan operasional perusahaan yang bertanggung jawab.

“Bagi kami, pelaksanaan praktik pertambangan yang baik bukan hanya untuk pemenuhan kewajiban, tetapi juga bentuk keseriusan Antam sebagai perusahaan sumber daya mineral dalam mengelola lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang ada di sekitar wilayah operasi,” tutupnya.

Baca Juga: PNM Raih 2 Penghargaan Bergengsi di Merdeka Award 2024

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #antam #raih #penghargaan #atas #penerapan #good #mining #practice #dalam #awards #2024

KOMENTAR