Ikuti Jejak Sang Ayah, Gibran 'Emoh' Ekspor Bahan Mentah
Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat debat. [tangkapan layar YouTube]
20:18
21 Januari 2024

Ikuti Jejak Sang Ayah, Gibran 'Emoh' Ekspor Bahan Mentah

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka bakal mengikuti jejak sang ayah yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus melanjutkan ekspor komoditas bernilai tinggi.

Itu artinya Gibran tak akan melakukan ekspor bahan mentah jika dirinya terpilih pada Pemilu 2024 mendatang.

"Kita harus bersyukur kita memiliki sumber daya alam yang kaya di antaranya kita punya cadangan nikel terbesar di dunia. Timah terbesar nomor dua," ujar Gibran dalam acara Debat Pilpres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024)

Oleh karena itu Gibran menyebut hilirisasi harus dilanjutkan. Selain itu cakupannya juga harus dikembangkan ke sektor lain, misalnya sektor maritim dan sektor digital.

"Oleh karena itu program hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya tidak hanya tampang saja tapi pertanian, sektor maritim, dan hilirisasi digital," lanjutnya.

Menurut Gibran Indonesia tidak boleh lagi mengirim barang mentah. Ia menambahkan Indonesia perlu juga mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, sehingga perlu dilakukan transisi menuju energi hijau, seperti bioavtur, biodiesel, dan bioetanol.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #ikuti #jejak #sang #ayah #gibran #emoh #ekspor #bahan #mentah

KOMENTAR