Mengenal Kampung Sindang Barang, Kampung Kebudayaan Sunda yang Bersejarah
Lumbung Padi yang berada di Kampung Sindang Barang. (Instagram @Indonesiakaya.com)
19:14
28 September 2024

Mengenal Kampung Sindang Barang, Kampung Kebudayaan Sunda yang Bersejarah

Kampung Sindang Barang merupakan salah satu dari beberapa situs Kampung Budaya yang ada di Jawa Barat. Kampung Sindang Barang juga memiliki lokasi yang tidak jauh dari pusat Kota Bogor. Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, adalah lokasi dari Kampung Sindang Barang.

Selain menjadi objek wisata Kampung Budaya, Kampung Sindang Barang juga merupakan salah satu tempat bersejarah di Jawa Barat. Namun, untuk sampai kesana juga bukan hal yang mudah. Jalan yang dilalui adalah jalan berkelok-kelok yang lebih cocok dilewati oleh motor.

Kampung Sindang Barang dipercaya sudah ada sejak dahulu. Tepatnya sudah ada sejak abad ke 12. Babad pajajaran serta pantun Bogor, juga mencatat keberadaan dari Kampung Sindang Barang. Yang menjadikannya salah satu situs yang bersejarah.

 

Kampung Sindang Barang pada masa dahulunya diyakini juga sebagai bentuk dari kerajaan yang dibawahi oleh Prabu Siliwangi. Dan dalam catatan sejarah, wilayah Kampung Sindang Barang juga menjadi keraton bagi Prabu Siliwangi beserta istrinya.

Mengunjungi Kampung Sindang Barang, kita akan menemukan berbagai macang adat Sunda yang masih kental, ditambah masyarakat yang tinggal di sekitar Kampung Sindang Barang juga menganut kebudayaan Sunda yang masih dijaga dari masa leluhurnya. 

Sebagai kampung budaya yang pastinya masih memegang teguh dan nilai prinsip kebudayaan Sunda sejak leluhur mereka, bangunan di wilayah Kampung Sindang Barang masih mempertahankan orisinalitas dari arsitektur Sunda yang ada sejak dulu dan menjadikannya salah satu daya tarik karena bentuknya yang unik.

Saat memasuki Kampung Sindang Barang yang dulunya merupakan bekas dari kasepuhan Sunda. Para pengunjung akan langsung disambut bangunan unik yang bernama “Imah Gede”. Bangunan ini pada masa nya memiliki fungsi sebagai tempat masyarakat berkumpul untuk bercengkrama dan bermusyawarah terhadap sesama, atau juga dengan tetua adat serta para kokolot (sesepuh dari Kampung Sindang Barang).

 

Di sisi lain Kampung Sindang Barang, terdapat lumbung padi atau tempat penyimpanan panen yang bangunan nya khas dan unik dengan kebudayaan Sunda. Tidak jauh dari lumbung padi tersebut, terdapat juga bangunan yang diperuntukkan bagi tamu penting atau tamu kehormatan yang mengunjungi Kampung Sindang Barang yang dinamakan “Bale Pesanggrehan”.

Dan di sisi lain nya Kampung Sindang Barang juga memiliki rumah souvenir, tempat dimana para pendatang dapat menemukan souvenir khas budaya Sunda dari Desa Pasir eurih serta Kampung Sindang Barang. Disini juga terdapat bangunan mirip pendopo untuk menjamu tamu dengan nama “ Bale Pertirtaan”.

Salah satu situs sejarah yang ada di Kampung Sindang Barang adalah adanya situs purbakala seperti punden berundak. Punden berundak ini juga dipercaya merupakan salah satu dari peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Kampung Sindang Barang juga memiliki atraksi budaya, seperti atraksi angklung dan tari-tarian khas masyarakat sunda yang ditampilkan, serta beberapa jenis upacara adat yang lainnya. Pementasan ini dilakukan di salah satu panggung yang ada di Kampung Sindang Barang. Dengan cuaca yang sejuk dan keindahan alam yang asri juga menambah keindahan dari kampung budaya yang bersejarah ini. Untuk menjadi wisata sejarah dan kebudayaan, Kampung Sindang Barang cocok untuk dijadikan pilihan utama.

 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #mengenal #kampung #sindang #barang #kampung #kebudayaan #sunda #yang #bersejarah

KOMENTAR