Menengok Gagasan Spiritual Sadali di Seni Indonesia
PIONIR: Pameran Sadali di Selasar Senurayo Art Space, Bandung, menunjukkan posisi penting Ahmad Sadali dalam peta seni rupa Indonesia. (PUTRA WAHYU PURNOMO/JAWA POS RADAR JOGJA)
12:16
27 Oktober 2024

Menengok Gagasan Spiritual Sadali di Seni Indonesia

Pameran Seabad Sadali berlangsung di Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) sampai Januari 2025 mendatang. Lebih dari 50 karya Sadali dipasang pada pameran yang sudah berlangsung sejak 19 September lalu. Baik karya lukis, instalasi, hingga desain.

Kurator pameran Heru Hikayat menyatakan bahwa pameran ini lebih dari sekadar perayaan visual. Melainkan menjadi penghargaan terhadap cetak biru yang ditinggalkan perupa bernama lengkap Ahmad Sadali bagi dunia seni di Indonesia dan Bandung khususnya.

”Ini adalah upaya menelusuri perjalanan artistik Sadali dalam seni rupa modern Indonesia. Karya-karya Sadali mencerminkan spiritualitas yang kuat, di mana seni menjadi media kontemplatif,” kata Heru pekan lalu.

Lahir pada tahun 1924, Sadali dikenal sebagai pionir seni abstrak di Indonesia. Karyanya banyak terinspirasi dari nilai-nilai spiritual Islam yang kemudian dipadukan dengan pendekatan abstraksi modern.

Sadali menempuh pendidikan di Universiter Guru Gambar Bandung (kini FSRD ITB, Red) di bawah bimbingan Ries Mulder. Namun kemudian Sadali mengembangkan gaya personal yang lebih kental dengan nuansa religius. ”Sadali mulai merumuskan pendekatan abstraksi yang memadukan nilai keislaman, menjadikannya unik di kancah seni rupa Indonesia,” jelas Heru.

Sepanjang hidupnya, Sadali juga dikenal sebagai eksponen mazhab Bandung yang lebih condong pada humanisme universal. Gerakan ini berbeda dengan mazhab Jogjakarta yang berfokus pada realisme sosialis. (rup/dra)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #menengok #gagasan #spiritual #sadali #seni #indonesia

KOMENTAR