60 Tahun Berkarier di Industri Musik, Elvy Sukaesih: Ini karena Ridho Allah
Elvy Sukaesih bahagia bisa berkarya selama 60 tahun di musik dangdut dan dapat penghargaan dari Indonesian Dangdut Awards 2024, di kawasan Daan Mogot Jakarta Barat, Kamis (24/10/2024). 
12:07
26 Oktober 2024

60 Tahun Berkarier di Industri Musik, Elvy Sukaesih: Ini karena Ridho Allah

Penyanyi dangdut Elvy Sukaesih sudah lebih dari 60 tahun berkarier di industri musik dangdut Indonesia.

Ia tak menyangka karier menyanyinya bisa selama itu.

"Ini semua ketentuan dan ridho dari Allah. Namun, saya sangat bersyukur ada di titik ini," kata Elvy Sukaesih ketika ditemui di Indonesia Dangdut Awards 2024, di studio Emtek, Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (24/10/2024) malam.

Elvy selama ini terus menjaga konsistensi dan kualitas suaranya, hingga akhirnya sudah ratusan hingga ribuan hits single ia nyanyikan, selama 60 tahun berkarya di industri musik.

Elvy mengakui kalau suara ia tidak menggunakan cara khusus untuk menjaganya. Justru ia berterima kasih atas pemberian suara yang indah dari Allah SWT.

"Ya Alhamdulillah suara dan kharisma ini pemberian Allah gak ada sekolahnya, saya cuma bisa bersyukur aja. Kalau teknik itu bisa dilatih supaya bisa, itu yang saya lakukan selama ini," ucap wanita berusia 73 tahun tersebut.

Elvy pun sampai detik ini masih tidak menyangka suaranya tetap stabil. Sehingga ia masih terus bisa berkarya di industri musik Indonesia.

"Kadang saya tuh sampai detik ini masih nangis dengar suara sendiri. Kalau abis rekaman, saya dengerin lagi lagu dan suara saya, ternyata merdu juga ya," jelasnya.


"Ya bukannya sombong, hanya mensyukuri pemberian Tuhan aja," sambungnya.

Meski sudah 60 tahun berkarya, ribuan panggung sudah ia taklukan, Elvy mengakui masih suka demam panggung. Ia merasa hal tersebut adalah manusiawi.

"Kalau mau nyanyi tuh selalu tetap ada nervous. Jadi caranya buat lewatin itu ya latihan aja suara, naikin oktav pelan pelan biar bisa tampil bagus," ungkapnya.

Elvy Sukaesih pun mencoba untuk profesional dalam menyanyi di atas panggung, walau kondisinya sedang tidak sehat. Ia merasa ketika di atas panggung, ia mendapatkan energi yang luar biasa.

"Pernah waktu itu lagi sakit tapi ada jadwal manggung. Yaudah aku coba nyanyi aja dan di atas panggung tuh sehat aja gak ngerasain sakit," ujar Elvy Sukaesih.

"Itu bentuk rasa cinta saya kepada dunia seni musik ini, sehingga saya selalu semangat ketika di atas panggung," ujar Elvy Sukaesih. (Wartakotalive.com/ Arie Puji Waluyo).

Editor: Willem Jonata

Tag:  #tahun #berkarier #industri #musik #elvy #sukaesih #karena #ridho #allah

KOMENTAR