Gemi Nastiti Selalu Bawa Power Bank Dalam Tas, Ini Bahayanya
Gemi Nastiti saat ditemui di kantor Suara.com pada Kamis (8/8/2024). [Suara.com/Tiara Rosana]
11:40
13 Agustus 2024

Gemi Nastiti Selalu Bawa Power Bank Dalam Tas, Ini Bahayanya

Aktris Gemi Nastiti Chaniago mengaku tidak bisa pergi ke luar rumah tanpa menggunakan dan membawa lipstik yang populer disebut gincu Arab.

Perempuan yang berperan sebagai hantu dalam film "Perjanjian Setan" itu menyebut gincu Arab sebagai barang yang wajib dibawa ketika hendak beraktivitas di luar rumah.

Selain membawa lipstik, Gemi biasanya juga menaruh penyanitasi tangan, alat pengisi daya ponsel atau power bank, dan dompet di dalam tas ketika hendak bepergian.

Hal itu diungkapkan aktris keturunan Minang saat mempromosikan filmnya, Senin 12 Agustus 2024.

Baca Juga: Profil Gemi Nastiti Chaniago, Curhat Jadi Hantu di Film Horor Perjanjian Setan: Pengalaman Pertama yang Melelahkan!

Power bank adalah perangkat yang berguna untuk mengisi daya perangkat elektronik saat bepergian, tetapi ada beberapa bahaya dan risiko yang perlu diwaspadai:

1.Overheating atau Panas Berlebih

Penggunaan power bank yang tidak sesuai dengan standar atau kualitas rendah dapat menyebabkan panas berlebih.

Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada power bank, perangkat yang diisi, atau bahkan menimbulkan risiko kebakaran.

2. Ledakan atau Kebakaran

Baca Juga: Cara Mengecek Power Bank yang Boleh Digunakan di Pesawat

Power bank yang rusak atau berkualitas rendah bisa meledak atau terbakar, terutama jika digunakan dalam kondisi yang tidak aman, seperti terkena suhu tinggi atau tekanan berlebih.

Ini terutama berisiko jika power bank mengandung baterai lithium-ion yang tidak stabil.

3. Kerusakan Perangkat

Power bank dengan output daya yang tidak stabil dapat merusak perangkat yang diisi, seperti ponsel, tablet, atau laptop.

Power bank yang tidak memiliki proteksi terhadap lonjakan arus listrik dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal perangkat.

4. Penipuan Kapasitas

Beberapa power bank yang dipasarkan mungkin tidak memiliki kapasitas baterai sesuai dengan yang diiklankan.

Penggunaan power bank dengan kapasitas rendah atau yang diisi daya dengan cara yang salah dapat menyebabkan kinerja yang buruk atau kerusakan perangkat.

5. Kebocoran Baterai

Kebocoran baterai adalah risiko lain, terutama jika power bank tidak dirawat dengan baik atau mengalami kerusakan fisik.

Baterai yang bocor bisa berbahaya karena mengandung bahan kimia yang beracun dan korosif.

6. Radiasi Elektromagnetik

Seperti semua perangkat elektronik, power bank juga memancarkan radiasi elektromagnetik. Meskipun umumnya pada tingkat yang rendah, paparan yang berkepanjangan dapat memiliki efek yang belum sepenuhnya dipahami.

Untuk mengurangi risiko ini, penting untuk membeli power bank dari produsen yang terpercaya, selalu memantau penggunaannya, dan mengikuti petunjuk pengoperasian yang benar.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #gemi #nastiti #selalu #bawa #power #bank #dalam #bahayanya

KOMENTAR