Selain IMEI, Ini Nomor Penting di Ponsel yang Wajib Kamu Catat!
Ilustrasi ponsel dan nomor Imei. (Pixabay/Semevent)
08:48
30 Juli 2024

Selain IMEI, Ini Nomor Penting di Ponsel yang Wajib Kamu Catat!

Ketika membeli ponsel kita harus menyimpan nomor-nomor penting. Sebab kita akan membutuhkan suatu saat nanti.

Salah satunya adalah nomor IMEI yang terpampang di kardus pembelian ponsel tersebut. Meskipun lama kelamaan Anda mungkin akan membuangnya atau rusak.

Namun demikian, terdapat cara untuk melihat nomor IMEI tanpa harus ada kardus yang pernah disimpang.

Menyadur dari Gearrice, Nomor IMEI biasanya dibutuhkan saat ponsel Anda dicuri atau Anda kehilangannya dan Mereka meminta data tertentu kepada Anda sehingga mereka memblokirnya atau membuktikan bahwa itu milik Anda.

Baca Juga: Beda Kelas Ponsel Lawas Reza Artamevia vs Angelina Sondakh, Ibu Sambung Aaliyah Lebih Sederhana

Meskipun Anda mungkin segera mengetahui bahwa mereka dapat digunakan untuk lebih banyak hal. Jadi, sebelum terjadi apa pun, kami akan memberi tahu Anda nomor-nomor yang perlu Anda ketahui tentang ponsel cerdas Anda jika suatu saat Anda membutuhkannya.

Anda akan segera mengetahui bahwa, meskipun Anda mungkin bingung atau menganggapnya sama, keduanya lebih berbeda dari yang Anda bayangkan.

Cari tahu apa IMEI ponsel Anda

Ilustrasi bungkusan sebuah ponsel dengan kode IMEI. [Shutterstock]Ilustrasi bungkusan sebuah ponsel dengan kode IMEI. [Shutterstock]

Salah satu nomor kuncinya, dan mungkin yang paling familiar bagi Anda, adalah kode IMEI.

Anda dapat melihatnya di tagihan, di pengaturan seluler, dan di beberapa aplikasi yang memberi Anda informasi tentang ponsel Anda.

Baca Juga: Galaxy A06 Siap Rilis, Harga Samsung Galaxy A05 Makin Murah Meriah?

Anda bahkan dapat mengetahuinya jika Anda masuk ke halaman atau aplikasi untuk menemukan perangkat sistem operasi Anda, yaitu Temukan Perangkat Anda oleh Google di Android dan iCloud di iPhone.

Selain mengetahui keberadaan ponsel Anda dan membuatnya berdering, Anda juga dapat memperoleh informasi tentang IMEI-nya.

Diketahui, IMEI adalah kode yang mengidentifikasi perangkat Anda dari perangkat lain.

Kemudian bisa juga dengan sidik jari, yang membuatnya sedemikian rupa sehingga tidak ada orang lain yang serupa, dan  dapat menggunakan untuk memblokir atau melaporkannya sebagai dicuri, hilang, atau mencegah orang lain menggunakannya.

Ada kode yang memungkinkan Anda mengetahuinya di kedua perangkat Android seperti di iOS, dan itu adalah *#06#.

Jika Anda ingin mengetahui nomor ini di ponsel Android, meskipun prosesnya mungkin berbeda, Anda akan menemukannya di Pengaturan dan Tentang Ponsel atau Informasi Telepon.

Di iPhone, Anda akan menemukannya di pengaturan, di bagian Umum mencari Informasi. Di bagian ini Anda akan melihat nomor ini dan nomor lain yang mungkin Anda perlukan.

Nomor seri dan model, data kunci

Diketahui nomor seri adalah data lain yang harus Anda ketahui tentang ponsel Anda.

Ini adalah angka elektronik yang telah diukir oleh pabrikan untuk membantu mengidentifikasi satu perangkat dengan perangkat lain dari pabrikan yang sama.

Ini mencatat informasi seperti garansi, tanggal produksi dan data relevan yang disediakan oleh produsen. Setiap pabrikan menetapkan strukturnya sendiri, tidak seperti IMEI.

Anda mungkin sudah mengetahui sendiri model telepon Anda, yang merupakan sesuatu yang harus Anda tunjukkan ketika ditanya, yang terpenting adalah mengingatnya jika membutuhkannya.

Misalnya, model ponsel Anda adalah namanya, bisa berupa Redmi Note 12 5G, OPPO A98, Xiaomi 14. Ini lebih dari sekadar merek atau pabrikan ponsel, melainkan apa yang menyertai namanya.

Jangan khawatir, Anda juga dapat mengetahuinya di pengaturan ponsel, di invoice atau di kotak ponsel tersebut.

Bahkan siapa pun yang pernah melihatnya akan dapat memberi tahu Anda yang mana jika mereka memahami sesuatu tentang ponsel.

Ada nomor dan data lain yang dapat membantu Anda, dan dapat menyimpannya.  Namun pasti suatu saat akan membutuhkannya. 

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #selain #imei #nomor #penting #ponsel #yang #wajib #kamu #catat

KOMENTAR