Waduh! Pakar Sebut Hacker Bisa Retas Kata Sandi Medsos Kurang dari 60 Detik, Ini Penyebabnya
Ilustrasi hacker (Pixabay)
17:24
10 Juli 2024

Waduh! Pakar Sebut Hacker Bisa Retas Kata Sandi Medsos Kurang dari 60 Detik, Ini Penyebabnya

Peretasan di media sosial sering terjadi. Hal itu tentu disebabkan kebiasaan orang membuat sandi yang mudah dibobol.

Tentu jutaan orang di dunia berisiko terkena serangan cyber karena kata sandi kita terlalu mudah untuk dibobol.

Menyadur dari Unilad, banyak orang memiliki kebiasaan menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun yang mereka gunakan.

Baik itu kata sandi untuk Facebook dan X, atau kode untuk katalog online. Selain itu banyak orang menggunakan kombinasi yang sama untuk segala hal.

Baca Juga: Data Bocor, Hacker Punya Akses ke 10 Miliar Kata Sandi

Namun, menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun atau memilih kode yang terlalu mudah diprediksi adalah suatu bencana.

Anda harus memutuskan untuk tidak membuat pilihan cerdas terkait keamanan pada akun-akun online. Jika tidak dilakuka, Anda mungkin akan berada dalam masalah.

Berdasarkan data yang keluar dari tim keamanan siber di Kaspersky menyatakan bahwa peretas telah melakukan lebih dari 32 juta upaya untuk mengetahui kata sandi pribadi pada tahun 2023 dan jumlah tersebut terus bertambah.

"Fakta sederhananya adalah kami terlalu memudahkan peretas untuk masuk ke akun kami," ungkap data dari Kaspersky.

Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa sekitar 45 persen kata sandi dapat diretas dalam waktu kurang dari 60 detik.

Baca Juga: Cara Matikan Status Online di TikTok, Bisa Puas Scroll Tanpa Ketahuan

Selain itu, meskipun hal ini bisa disebut sepele, menggunakan nama dalam kata sandi tidak dianjurkan.

Berbicara tentang penelitian ini, Kaspersky berkata: "Secara tidak sadar, manusia membuat kata sandi 'manusia' – yang berisi kata-kata dari kamus dalam bahasa aslinya, menampilkan nama, angka, dan lain-lain, hal-hal yang mudah diingat oleh otak kita yang sibuk.

“Bahkan kombinasi yang tampaknya kuat pun jarang yang benar-benar acak, sehingga dapat ditebak oleh algoritma. Oleh karena itu, solusi yang paling dapat diandalkan adalah membuat kata sandi yang benar-benar acak menggunakan pengelola kata sandi yang modern dan andal.”

Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi akun Anda dari peretas?

Mengambil langkah sederhana seperti menambahkan angka, beberapa huruf kapital, dan simbol akan membuat kata sandi Anda lebih sulit ditebak.

Kaspersky mengatakan: "Jangan gunakan kata sandi yang mudah ditebak dari informasi pribadi Anda, seperti tanggal lahir, nama anggota keluarga, hewan peliharaan, atau nama Anda sendiri. Ini sering kali merupakan tebakan pertama yang akan dibuat oleh penyerang."

Mereka menambahkan: "Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA). Meskipun tidak terkait langsung dengan kekuatan kata sandi, mengaktifkan 2FA menambahkan lapisan keamanan tambahan. Bahkan jika seseorang menemukan kata sandi Anda, mereka masih memerlukan bentuk verifikasi kedua untuk mengakses akun Anda."

Pengelola kata sandi adalah rekomendasi lain yang dapat membantu Anda mengingat hanya satu kata sandi utama.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #waduh #pakar #sebut #hacker #bisa #retas #kata #sandi #medsos #kurang #dari #detik #penyebabnya

KOMENTAR