Lightsaber Nyata, YouTuber Ini Ciptakan Pedang Star Wars yang Bisa Memotong Baja!
Lightsaber buatan seorang YouTuber Alex Burkan. [YouTube/ALEX LAB / Guinness World Records]
18:08
9 Juli 2024

Lightsaber Nyata, YouTuber Ini Ciptakan Pedang Star Wars yang Bisa Memotong Baja!

Membuat cerita fiksi di dalam film Star Wars di dunia nyata tentu tidak lah mudah. Namun hal itu dilakukan oleh seorang YouTuber Alex Burkan.

Ia menciptakan menciptakan 'lightsaber yang dapat ditarik' dan benar-benar dapat memotong baja.

Impian membangun lightsaber di kehidupan nyata tentu merupakan salah satu hal yang mustahil. Apalagi Lightsaber dalam kehidupan nyata yang benar-benar mirip dengan senjata dari Star Wars.

Menyadur dari Unilad, Orang Rusia tersebut benar-benar menciptakannya dan memperoleh Rekor Dunia Guinness dalam prosesnya.

Baca Juga: Star Wars: The Acolyte, Series Terbaru Disney+, Segera Tayang

Dalam sebuah video, dia menunjukkan betapa kuatnya dengan memotong baja.

Alat yang diciptakan itu menghasilkan bilah plasma yang panjangnya 3,28 kaki dan dapat mencapai suhu lebih dari 5000°F.

Berbicara kepada Guinness World Records, dia berkata: "Sepanjang hidup saya, saya adalah penggemar berat Star Wars dan lightsaber adalah gadget yang paling saya inginkan."

“Sejak tahun 2013, bidang utama penelitian dan pekerjaan saya adalah peralatan pembangkit hidrogen, jadi saya memutuskan, mungkin, saya bisa membangun sesuatu."

"Setiap langkah selama proses pengembangan dan pembangunan merupakan sebuah tantangan. Selama bertahun-tahun saya telah mengumpulkan ide dan suku cadang untuk lightsaber dan peralatan listrik saya di pasar internet dan [dari] tempat pembuangan sampah."

Baca Juga: Review Film 'The Marsh King's Daughter', Dilema Trauma terhadap Ayah Jahat

Namun agar idenya membuahkan hasil, pertama-tama dia harus membangun sesuatu yang dapat memuat peralatan bertekanan tinggi.

"Komponen kunci lightsaber saya adalah elektroliser. Elektroliser adalah perangkat yang dapat menghasilkan hidrogen dan oksigen dalam jumlah besar dan memampatkan gas ke tekanan berapa pun tanpa kompresor mekanis."

Ini adalah teknologi modern yang membagi air menjadi gas hidrogen dan oksigen.

Tapi itu baru permulaan, dia kemudian harus memasang pembakar hidrogen dan oksigen di pegangannya.

"Akhirnya, pekerjaan yang paling menantang adalah memasukkan seluruh sistem distribusi gas ke dalam pegangan lightsaber. Ini adalah lightsaber pembunuh bintang dari game The Force Unleashed!"

Rekor Dunia Guinness yang dianugerahkannya pada tahun 2022 adalah karena membuat lightsaber pertama yang dapat ditarik.

Tentu saja, ia memiliki keterbatasan. Ia hanya memiliki daya yang cukup untuk bertahan selama 30 detik.

"Ini adalah prototipe pertama sehingga memiliki banyak keterbatasan. Ia hanya bekerja selama 30 detik dengan kekuatan penuh, obor hidrogen tidak stabil dan Anda dapat dengan mudah melihatnya ketika bergerak. Terkadang lightsaber meledak di tangan Anda karena kilas balik hidrogen."

Namun, dia bukan satu-satunya penggemar Star Wars yang menciptakan lightsaber.

Salah satunya diciptakan oleh Hacksmith Industries, namun tidak seperti Burkan, ia didukung oleh tangki gas propana cair, serta gas oksigen yang keduanya disimpan dalam ransel kecil.

"Saya tahu saya bukan satu-satunya yang mencoba mewujudkan impian lightsaber Jedi menjadi nyata, dan itu keren. Yang paling gila adalah kita membuatnya hampir bersamaan. Bukankah keren jika dua pria dari belahan dunia berbeda bermimpi tentang satu hal yang bahkan tidak ada?"

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #lightsaber #nyata #youtuber #ciptakan #pedang #star #wars #yang #bisa #memotong #baja

KOMENTAR