Jangan Gunakan Pelindung Layar Ini di HP Xiaomi, Bisa Bikin Layar Rusak!
Ilustrasi hp Xiaomi. [N.Tho.Duc/Unsplash]
08:00
6 Juni 2024

Jangan Gunakan Pelindung Layar Ini di HP Xiaomi, Bisa Bikin Layar Rusak!

Xiaomi mengumumkan peringatan penting bagi pengguna pelindung layar atau screen protector ponsel. Perusahaan meminta pengguna HP Xiaomi untuk berhati-hati terhadap pelindung liquid UV adhesive.

Dalam unggahan X (Twitter), Xiaomi menulis catatan panjang tentang bagaimana pelindung layar tersebut dapat merusak layar smartphone.

Sederhananya, meskipun ponsel modern memiliki kaca anti gores, ponsel tersebut masih dapat tergores dari bahan keras tertentu seperti pasir, kunci, atau bahkan koin di saku.

Untuk menghindari hal tersebut, sebagian besar pengguna menggunakan pelindung layar yang berfungsi sebagai lapisan pelindung.

Baca Juga: Cara Aktifkan Game Turbo di HyperOS, Auto Lancar!

Ada berbagai jenis pelindung layar yang tersedia dalam beraneka harga, dan di antaranya adalah pelindung liquid UV adhesive yang dianggap sebagai pilihan bagus untuk ponsel melengkung.

Ilustrasi hp Xiaomi. [Amarnath Radhakrishnan/Pixabay] Ilustrasi hp Xiaomi. [Amarnath Radhakrishnan/Pixabay]

Alasannya karena pelindung itu memberikan ikatan yang kuat antara layar ponsel dan lapisan kaca. Pelindung layar inilah yang telah diperingatkan oleh Xiaomi.

"Kami memahami pentingnya keamanan smartphone, khususnya dalam hal melindungi tampilan layar. Seiring dengan semakin populernya pelindung liquid UV adhesive terutama untuk ponsel dengan layar melengkung, kami ingin menyampaikan potensi risiko terkait aplikasi pada layar perangkat," tulis Xiaomi.

Perusahaan menambahkan bahwa terdapat risiko besar pada perekat cair yang digunakan , dapat meresap ke dalam kunci fisik, port pengisian daya, lubang speaker, dan penutup baterai.

Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk restart yang tidak terduga, kegagalan fungsi tombol, suara speaker, dan kulit penutup baterai terkelupas.

Baca Juga: Klarifikasi Xiaomi Indonesia soal Temuan HP Radiasi Tinggi

Oleh karena itu, Xiaomi menyarankan untuk tidak menggunakan pelindung liquid UV adhesive karena dapat mengakibatkan kegagalan fungsi, yang dapat membatalkan garansi ponsel.

Sebagai gantinya, ada banyak alternatif jenis pelindung layar lainnya, seperti tempered glass, non-tempered, atau electrostatic films yang tidak memerlukan pengaplikasian lem atau perekat cair berbasis UV.

Selain Xiaomi, sejauh ini belum ada merek ponsel lain yang mengeluarkan peringatan atau imbauan serupa kepada penggunanya.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #jangan #gunakan #pelindung #layar #xiaomi #bisa #bikin #layar #rusak

KOMENTAR