Tumbangkan Samsung, Huawei Jadi Merek HP Lipat Terlaris pada Q1 2024
Huawei Pocket S. (Huawei)
08:56
2 Juni 2024

Tumbangkan Samsung, Huawei Jadi Merek HP Lipat Terlaris pada Q1 2024

Samsung memimpin pangsa pasar HP lipat dalam beberapa kuartal terakhir sebelum tahun 2024. Meski begitu, Huawei mampu menumbangkan Samsung pada kuartal pertama tahun ini (Q1 2024).

Hal tersebut cukup menarik mengingat Huawei masuk ke dalam daftar hitam karena sanksi dari pemerintah Amerika Serikat. HP lipat Huawei sendiri tak tersedia sama sekali di AS.

Menurut firma riset Counterpoint, Huawei resmi menempati posisi nomor satu sebagai HP lipat terlaris di pasar global selama kuartal pertama 2024.

Penjualan terbesar Huawei ternyata berasal dari China. Masyarakat di China semakin menggemari Huawei karena produsen teknologi itu sudah menawarkan konektivitas 5G.

Baca Juga: Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6 Ultra, HP Lipat Harga Lebih Mahal?

Selain itu, sanksi yang diterima Huawei di AS dan beberapa negara Eropa membuat ponsel lokal semakin laris di China. Huawei sekarang menduduki posisi teratas dalam pengiriman global triwulanan untuk pertama kalinya dalam sejarah pangsa pasar HP lipat.

Daftar lima besar merek HP lipat terlaris di pasar global pada Q1 2024. (Counterpoint)Daftar lima besar merek HP lipat terlaris di pasar global pada Q1 2024. (Counterpoint)

Padahal sebelum ini, Samsung selalu konsisten dalam memimpin pasar berkat produk dari Galaxy Z Fold dan Flip series. Berikut 5 besar merek HP lipat terlaris di pasar global pada Q1 2024:

  • Huawei (pangsa pasar 35 persen)
  • Samsung (pangsa pasar 23 persen)
  • Honor (pangsa pasar 12 persen)
  • Motorola (pangsa pasar 11 persen)
  • Lainnya (pangsa pasar 19 persen, ini termasuk Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Tecno)

Dikutip dari Android Headline, Samsung sempat memimpin pasar HP lipat selama beberapa tahun terakhir. Meski begitu, mereka mengalami penurunan pangsa pasar signifikan pada kuartal pertama 2024.

Tak tanggung-tanggung, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu mengalami penurunan pasar 42 persen. Di sisi lain, pangsa pasar Huawei meningkat 257 persen secara YoY.

Huawei Mate X5. [Huawei]Huawei Mate X5. [Huawei]

Pangsa pasar Huawei meroket dari 14 persen pada Q1 2023 menjadi 35 persen pada Q2 2023. Samsung harus rela kehilangan posisi berkat penurunan dari angka 53 persen ke 23 persen.

Baca Juga: Perangkat Lipat Apple Bakal Seharga Mobil Bekas?

Berdasarkan laporan Counterpoint, Huawei Mate X5 menjadi salah satu HP lipat terlaris di China selama tiga kuartal berturut-turut. Pada Februari 2024, Huawei juga merilis model clamshell 5G pertamanya, Pocket 2, yang berkontribusi signifikan terhadap pengiriman Q1.

Di sisi lain, Samsung dianggap lamban berinovasi pada HP lipat mereka. Itu mungkin menjadi penyebab penurunan pangsa pasar Samsung. Honor Magic V2 menarik perhatian signifikan dengan faktor bentuknya yang apik (saat ditutup) 9,9 mm dan bobot 231 gram. Sebagai pembanding, Galaxy Z Fold5 yang meluncur usai Honor Magic V2 berukuran 13,4 mm saat ditutup dengan berat 253 gram.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #tumbangkan #samsung #huawei #jadi #merek #lipat #terlaris #pada #2024

KOMENTAR