Bug iOS 17.5 Hadirkan Foto Lama yang Terhapus, Picu Kekhawatiran Pengguna
iPhone 15 Pro Max memperoleh update iOS 17.5. [Unsplash/Amanz]
13:56
16 Mei 2024

Bug iOS 17.5 Hadirkan Foto Lama yang Terhapus, Picu Kekhawatiran Pengguna

Apple resmi menghadirkan iOS 17.5 dengan sejumlah fitur baru pada Mei 2024. Sayang, sejumlah pengguna menemukan bug saat mencoba iOS versi anyar tersebut.

Beberapa pengguna terkejut melihat foto lama mereka yang terhapus muncul kembali usai melakukan update iOS 17.5. Terdapat kasus ketika pengguna mencoba menghapusnya, foto itu tetap muncul.

Deretan tangkapan layar pada forum di Reddit menghadirkan kembali foto-foto yang sudah lama terlupakan dan sulit untuk dihapus usai update iOS. Sebagian pengguna khawatir sehingga mempertanyakan terkait sampai kapan Apple menyimpan foto terhapus milik pengguna.

Dilansir dari 91Mobiles, bug ini terungkap ketika pengguna iPhone mengunggah postingan di Reddit untuk menceritakan keluhan setelah menerima pembaruan iOS.

Pengguna iPhone itu mengungkap bahwa foto yang dihapus pada 2021 muncul kembali usai update iOS 17.5. Deretan foto lama dengan tag baru-baru ini terunggah ke iCloud. Tak sedikit pengguna lain yang mengaku pernah mengalami bug tersebut.

Seorang pengguna mengatakan foto mereka dari tahun 2010 telah muncul 'sebagai foto terbaru yang diunggah ke iCloud'. Seorang pengguna lain mengatakan 'enam foto dari waktu berbeda' muncul entah dari mana.

Jadi, foto-foto dari beberapa tahun lalu dan periode yang berbeda muncul seperti kasus itu. Hal ini tidak hanya membuat orang khawatir, tetapi juga membuka diskusi mengenai berapa lama Apple akan menghapus data pengguna.

Berdasarkan keterangan resmi di Apple Support, gambar yang dihapus pengguna dari aplikasi Photos bakal disimpan di Recently Deleted Album selama 30 hari. Setelah itu, file dihapus dari perangkat. Jika Anda menghapus gambar secara manual dari Recently Deleted Album, gambar tersebut akan hilang secara permanen.

Jika mengacu pada keterangan Apple, seharusnya foto lawas beberapa tahun lalu tidak dapat muncul kembali. Perusahaan belum buka suara terkait bug yang ada pada iOS 17.5 tersebut.

Sebagai catatan, iOS 17.5 tersedia untuk iPhone 11 series hingga iPhone 15 series. Deretan iPhone lain yang kompatibel dengan iOS 17.5 yaitu iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone SE Gen 2, dan iPhone SE Gen 3.

Editor: Rezza Dwi Rachmanta

Tag:  #hadirkan #foto #lama #yang #terhapus #picu #kekhawatiran #pengguna

KOMENTAR