Simak 4 Cara Membersihkan Busi Mobil yang Kotor dengan Mudah, Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi busi mobil. (Suzuki)
15:16
30 Maret 2024

Simak 4 Cara Membersihkan Busi Mobil yang Kotor dengan Mudah, Bisa Dilakukan di Rumah

- Busi dirancang untuk tahan terhadap suhu tinggi, sebagai bagian dari sistem pembakaran, tetapi busi mobil cenderung mudah terkena kotoran karena proses pembakaran yang menghasilkan residu berwarna hitam.

Jika tidak diatasi, residu pembakaran tersebut dapat berubah menjadi kerak yang menghambat kinerja busi dan bahkan menyebabkan kerusakan pada busi mobil. Oleh karena itu, sesekali busi perlu dibersihkan.

Busi mobil sebenarnya dapat dibersihkan dengan mudah. Anda juga dapat melakukannya dengan peralatan yang Anda miliki di rumah. Simak cara membersihkan busi mobil di bawah ini.

Dilansir dari auto2000.co.id, berikut langkah demi langkah cara membersihkan busi mobil yang kotor, pastikan busi telah dilepas dari mesin terlebih dahulu.

1. Cek Fisik Busi

Perhatikan ujung busi, di mana elektroda terletak, dan amati warnanya. Ini adalah bagian yang langsung terlibat dalam pembakaran dalam mesin, sehingga perubahan warnanya dapat mengindikasikan kondisi proses pembakaran.

Jika warnanya hitam, itu menunjukkan kemungkinan kelebihan bahan bakar dalam pembakaran. Namun, jika warnanya sangat gelap, bisa jadi busi sudah mati, dan membersihkannya tidak akan membantu.

Jika ujung busi berwarna abu-abu, ini menunjukkan pasokan bensin yang kurang. Periksa sistem injeksi bahan bakar segera. Terkadang, bisa juga berwarna cokelat kehitaman, yang menandakan proses pembakaran normal dengan pasokan bensin yang tepat.

2. Bersihkan dengan Sikat Kawat

Anda bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkan busi mobil. Jika tidak ada sikat kawat, sikat dengan bulu kasar juga bisa digunakan. Penting untuk diingat bahwa sikat dengan bulu halus tidak akan efektif mengangkat residu yang menempel pada busi.

Utamakan menyikat ujung busi, gunakan karbon pembersih khusus agar lebih bersih, bisa juga menggunakan pembersih khusus karborator. Semprotkan secukupnya dan pakai sikat kawat untuk membersihkan kotorannya.

3. Amplas Lapisan Kerak

Terkadang, sisa pembakaran dapat menumpuk dan mengeras menjadi kerak pada busi dan sulit dihilangkan karena telah menempel lama pada permukaan busi. Penggunaan sikat kawat mungkin tidak efektif untuk menghilangkannya.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan amplas. Pilih amplas dengan butiran halus agar busi tidak tergores. Gosokkan pada permukaan busi yang berkerak dan ulangi proses tersebut hingga lepas dari busi.

4. Set Ulang Celah Busi

Tahap terakhir dalam proses pembersihan busi mobil sebenarnya opsional. Namun, jika Anda ingin melakukan penyetelan ulang celah busi, diperlukan alat khusus yang disebut feeler gauge atau thickness gauge.

Feeler gauge adalah alat ukur, lembaran baja tipis dengan ketebalan presisi, membantu untuk mengeset ulang celah busi. Jika tidak ada modifikasi pada busi, tidak ada perubahan pada celah tersebut. Maka, tidak wajib dilakukan pengesetan ini.

Demikianlah cara membersihkan busi mobil di rumah. Pembersihan busi disarankan setiap mobil mencapai jarak tempuh 20.000 km. Namun, jika ragu, Anda dapat mengunjungi bengkel di mana mekanik akan membantu melakukan perawatan pada busi mobil.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #simak #cara #membersihkan #busi #mobil #yang #kotor #dengan #mudah #bisa #dilakukan #rumah

KOMENTAR