Kominfo Datangi Apple Academy saat Tim Cook Mau Sambangi Indonesia Bulan Depan
Apple Developer Academy di Binus, BSD, Tangerang. [Suara.com/Dicky Prastya]
19:24
26 Maret 2024

Kominfo Datangi Apple Academy saat Tim Cook Mau Sambangi Indonesia Bulan Depan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi baru saja mengunjungi Apple Developer Academy yang berada di kawasan BSD, Tangerang, Selasa (26/3/2024).

Hal ini dilakukan Budi Arie usai dirinya juga mengumumkan CEO Apple Tim Cook mau datang ke Indonesia 20 April 2024 bulan depan. Rencana ini juga dikonfirmasi oleh Wamenkominfo Nezar Patria.

Berdasarkan pantauan Suara.com di lokasi, Budi Arie masuk ke Apple Academy Binus sekitar pukul 10.00 WIB. Ia keluar lagi satu jam setelahnya.

“Jadi kami meninjau dan berdiskusi soal Apple Academy tentang bagaimana pengembangan sumber daya manusia di era digital ini,” kata Budi Arie, Selasa (26/3/2024).

Budi Arie mengklaim kalau Apple memiliki komitmen untuk membantu pengembangan SDM talenta digital di Indonesia.

“Teknologi ini membuat masyarakat lebih produktif lah,” lanjut dia.

Saat disinggung apakah Apple mau melakukan investasi di Indonesia, Budi Arie tidak menjawab dengan gamblang. Ia meminta agar menunggu kabar selanjutnya pada April bulan depan.

"Tunggu saja nanti, tunggu saja detailnya, tanya Apple saja. Masa saya yang ngomong," imbuhnya.

Budi Arie hanya menilai kalau Apple berkomitmen untuk ekosistemnya, tak terkecuali untuk pengguna di Indonesia.

"Kami melihat bahwa setiap korporasi di Indonesia harus punya stakeholder value. Jadi ada nilai-nilai stakeholder, dalam hal ini lingkungan, tempat dia tumbuh, ekosistemnya harus lebih bagus," bebernya. 

"Nah ini saya pikir Apple termasuk perusahaan yang punya komitmen itu untuk mendorong peningkatan kualitas ekosistem itu sendiri," pungkasnya.

Untuk diketahui, Apple adalah satu-satunya brand ponsel yang tidak memiliki pabrik maupun tempat perakitan ponsel di Indonesia. 

Pasalnya, brand ponsel mendirikan tempat perakitan untuk memenuhi nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 35 persen. Apabila ponsel sudah memenuhi nilai TKDN, maka perangkat itu bisa dijual ke Indonesia.

Namun untuk mendapatkan nilai TKDN di iPhone, Apple memilih melakukan investasi lewat Apple Developer Academy dengan modal 44 juta Dolar AS atau Rp 695 miliar.

Fasilitas pelatihan ini kemudian resmi beroperasi di Indonesia tahun 2018. Hingga saat ini Apple Academy sudah memiliki tiga lokasi di Indonesia.

Berikut lokasi Apple Academy di Indonesia:

  • Apple Developer Academy at BINUS, Tangerang
  • Apple Developer Academy at Ciputra, Surabaya
  • Apple Developer Academy at Infinite Learning, Batam

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #kominfo #datangi #apple #academy #saat #cook #sambangi #indonesia #bulan #depan

KOMENTAR