Khusus untuk Pasar China, Apple Bakal Pakai Teknologi AI Baidu?
Logo Apple. [Free-Photos/Pixabay]
17:48
26 Maret 2024

Khusus untuk Pasar China, Apple Bakal Pakai Teknologi AI Baidu?

Keputusan Apple untuk ikut menggunakan teknologi AI di perangkatnya sepertinya bukan cuma rumor. Baru-baru ini, Apple disebut-sebut akan menggunakan AI dari Baidu untuk perilisan perangkatnya di pasar China.

Sebelumnya, Apple dilaporkan akan menggunakan Gemini AI dari Google. Teknologi AI ini meluncur nantinya bersamaand dengan iOS terbaru yang akan rilis.

Dilansir dari GSM Arena, menggantikan Google yang dilarang beroperasi di China, Apple lalu memutuskan untuk menggunakan teknologi AI garapan perusahaan lokal yaitu Baidu.

Baidu merupakan mesin pencari asal China. Teknologi ini disebut-sebut memiliki fungsi dan cara kerja yang sama dengan Google. Usai mesin pencari tersebut dilarang, Baidu hadir sebagai pengganti Google.

Laporan yang beredar di China menyebut bahwa Baidu kini menyediakan layanan AI untuk perangkat terbaru Apple. Layanan ini nantinya hanya akan tersedia di pasar China nantinya.

Baidu nantinya akan menjadi penyedia AI generatif Apple di China. Menurut rencana, teknologi dan layanan ini baru akan rilis di iOS 18 mendatang.

Tidak hanya menggaet Baidu, memperluas pasar di China, Apple dipercaya juga sedang dalam tahap diskusi untuk menjalin kolaborasi dengan Alibaba dan beberapa perusahaan asal China lainnya.

Terkait laporan ini, beberapa analis menyebut jika kolaborasi antara Baidu dan Apple ini akan menjadi kampanye branding paling sempurna nantinya. Sayangnya, hal tersebut masih belum bisa dipastikan kebenarannya hingga saat ini.

Editor: Amelia Prisilia

Tag:  #khusus #untuk #pasar #china #apple #bakal #pakai #teknologi #baidu

KOMENTAR