Bagaimana Pacaran di Game Menurut Hukum Islam? Ini Penjelasan Habib Jafar
Habib Jafar di konferensi pers virtual Garena Indonesia yang digelar Senin (11/3/2024). [Screenshot: Dicky Prastya/Suara.com]
18:40
11 Maret 2024

Bagaimana Pacaran di Game Menurut Hukum Islam? Ini Penjelasan Habib Jafar

Fenomena pacaran di game tengah digandrungi kalangan gamers. Meskipun tidak bertemu secara langsung, bagaimanakah pacaran dalam game menurut hukum Islam?

Pendakwah Husein Ja'far Al Hadar atau yang dikenal Habib Jafar menerangkan kalau sebagai seorang muslim, wajib hukumnya tidak mendekati zina. Hal itu pun turut berlaku di dalam permainan alias game.

"Prinsipnya bagi seorang Muslim, jangan dekati zina. Jaga pandangan, enggak pacaran, termasuk dalam game," kata Habib Jafar saat konferensi pers virtual Garena Free Fire Indonesia, Senin (11/3/2024).

Habib Jafar menjelaskan kalau game seperti FF sejatinya dimainkan agar penggunanya bahagia. Namun tidak menutup kemungkinan kalau para pemain bisa bertemu lawan jenisnya dalam game.

Maka dari itu, Habib Jafar mendorong agar para pemain bisa menjaga sikapnya dalam game. Pemain dia sarankan untuk terus bersikap positif selama memainkan game.

"Jangan kita treatment diri sendiri untuk mendekati zina. Makanya di game jaga sikap kita agar tidak mendekat ke sana. Jadi di game harus stay cool stay positif," lanjut dia.

Habib Jafar menegaskan kalau bermain dengan lawan jenis di dalam game sebenarnya tidak dosa. Namun hal itu tidak berlaku apabila pikiran para pemain tidak bisa dikontrol dan mengarah ke pacaran.

"Dekati cewek itu enggak dosa sebenarnya dalam game. Tapi kalau pikiran kita ke-trigger, itu bisa berdosa. Jadi main game itu untuk seru-seruan saja. Jangan mengarah ke negatif," imbuh dia.

Di sisi lain Habib Jafar mengakui kalau sektor game amat efektif untuk media dakwah. Alasannya, jumlah pemain game di Indonesia kini mencapai 93 persen dari jumlah pengguna internet.

Artinya, lanjut dia, itu sama dengan 3/4 orang dari seluruh pengguna INternet. Ia menyebut kalau itu adalah peluang besar untuknya sebagai pendakwah.

"Sangat efektif jadinya mengajak teman-teman, misalnya mengurangi kata-kata kotor, mengurangi bertingkah buruk seperti dekati cewek tadi," jelasnya.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #bagaimana #pacaran #game #menurut #hukum #islam #penjelasan #habib #jafar

KOMENTAR