Ngabers Honda PCX dan Yamaha Aerox Jangan Panik: Kalem, Ini Cara Mengatasi Speedometer yang Sunburn
Ilustrasi: Speedometer motor matic mengalami sunburn. (Sumut Honda Bikers).
14:20
28 Oktober 2024

Ngabers Honda PCX dan Yamaha Aerox Jangan Panik: Kalem, Ini Cara Mengatasi Speedometer yang Sunburn

Bagi para pemilik motor matic seperti Yamaha Aerox, Nmax atau Honda PCX dan Vario keluaran baru yang speedometer-nya full digital pasti sudah tahu kalau komponen tersebut gampang rusak. Kerusakannya adalah mengalami sunburn atau speedometer jadi buram karena terbakar.

Memang, sepeda motor dengan speedometer digital tidak boleh terlalu lama atau sering diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Hal ini dikhawatirkan dapat merusak kelistrikan pada sistem digitalnya tersebut.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika speedometer Yamaha Aerox, Nmax atau Honda PCX dan Vario mengalami sunburn? Tenang, jangan panik. Dibawa kalem aja.

Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, tanda dari sunburn speedometer adalah menghilangnya angka-angka atau apapun yang ditampilkan secara digital di panel speedometer motor tersebut. Hal itu disebabkan salah satu filter pada lapisan LCD yang disebut polarizernya terbakar karena panas sinar matahari.

Dengan terbakar dan menjadi rusaknya polarizer atau lapisan polaris tersebut, maka peranti itu tidak dapat menampilkan segala sesuatu secara digital pada layar panel. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti lapisan polaris tersebut saja, tidak perlu sampai mengganti speedometer secara keseluruhan.

Harga lapisan polaris speedometer sendiri murah. Murah banget, di marketplace, harga lapisan polaris speedometer hanya Rp 20 ribuan saja, paling mahal Rp 50 ribuan tergantung ukuran yang digunakan.

Namun demikian, pemasangannya memang tidak boleh asal. Tidak sama dengan membongkar-pasang lapisan antigores di smartphone saat ini. Butuh alat khusus dan tentunya sedikit pengetahuan tentang cara membongkar speedometer motor.

Memang ada kalanya kita merasa sudah mengerti mesin dan akhirnya berani mengganti filter poralizer tersebut secara manual. Hal tersebut sangat tidak disarankan karena ada kemungkinan sistem pada filter polarizer tersebut tidak dapat kembali normal seperti rakitan awal pabrik.

Oleh karenanya disarankan sekali untuk membawanya ke diler resmi dari pada harus membetulkan sendiri atau membawanya ke bengkel umum. Kalau nekat memasang sendiri, salah-salah speedometer malah bisa bocor dan di kemudian hari bisa mengembun saat terkena hujan atau air.

Setelah mengganti lapisan polaris tadi, speedometer akan kembali normal dan kembali menampilkan informasi seperti sedia kala. Namun, tidak ada cara yang benar-benar teknis untuk dapat mengatasi permasalah sunburn speedometer tersebut, kalau kebiasaan menaruh sepeda motor di tempat panas masih dilakukan, masalah tersebut masih akan terulang lagi.

Cara teraman satu-satunya adalah dengan tidak meletakkan motor dengan sistem speedometer digital di bawah sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama. Apabila terpaksa harus diletakkan di bawah sinar matahari, maka gunakan penutup atau letakkan sesuatu seperti jaket atau helem di area speedometer agar tidak secara langsung terkena paparan panas.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #ngabers #honda #yamaha #aerox #jangan #panik #kalem #cara #mengatasi #speedometer #yang #sunburn

KOMENTAR