Ban Motor Bocor tapi Dipaksakan Jalan Sembari Dinaiki, Siap-Siap Risikonya Makin Parah!
Ilustrasi ban motor kempis. (Wahana Honda)
09:44
21 Oktober 2024

Ban Motor Bocor tapi Dipaksakan Jalan Sembari Dinaiki, Siap-Siap Risikonya Makin Parah!

–Sepeda motor adalah salah satu kendaraan yang sering kali digunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, baik bepergian jarak pendek maupun jauh. Ban motor yang tiba-tiba kempis bukanlah hal yang asing terjadi.

Namun, penting untuk Anda perhatikan, apabila ban motor tiba-tiba kempis atau bocor, janganlah memaksakan motor untuk terus melaju. Hal tersebut akan menimbulkan beberapa akibat.

Apalagi kalau jenis ban yang digunakan bukan ban tubeless atau masih pakai ban dalam. Pertama, risiko memaksakan motor jalan saat ban kempis sembari dinaiki adalah dapat kehilangan kendali atas motor.

Sebab, ban yang kempis akan memengaruhi kemampuan motor untuk menstabilkan dan menjaga keseimbangan. Ini bisa membuat Anda sulit mengendalikan arah dan kecepatan motor.

Risiko lain, jika Anda terus memaksa motor untuk berjalan dengan ban yang kempis, bisa terjadi kerusakan lebih lanjut pada ban. Ada kemungkinan bahwa ban yang kempis bisa robek atau rusak lebih lanjut, hal ini akan menyulitkan perbaikan atau bahkan memerlukan penggantian ban baru.

Kemudian, ketika ban motor kempis, terjadi beban ekstra pada komponen suspensi, seperti peredam kejut atau shock absorber. Mengutip JBA, memaksakan motor untuk terus berjalan dengan ban kempis dapat menyebabkan kerusakan pada komponen ini, kemudian memerlukan perbaikan atau penggantian.

Risiko terakhir dan paling parah, salah satu risiko terbesar ketika memaksakan motor untuk terus berjalan dengan ban kempis adalah meningkatnya risiko kecelakaan. Ban yang kempis dapat mengurangi traksi dan stabilitas motor, membuatnya lebih sulit untuk mengendalikan kendaraan.

Hal ini dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan, tergelincir, atau bahkan terjatuh, mengakibatkan cedera serius. Penting untuk memperhatikan kondisi ban motor secara rutin dan memastikan bahwa ban dalam kondisi baik sebelum mengendarai motor.

Jika ban kempis, lebih baik berhenti dan memperbaikinya atau menggantinya sebelum melanjutkan perjalanan. Memaksakan motor untuk terus berjalan dengan ban kempis dapat mengakibatkan risiko yang tidak perlu dan berbahaya.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #motor #bocor #tapi #dipaksakan #jalan #sembari #dinaiki #siap #siap #risikonya #makin #parah

KOMENTAR