Semakin Mirip dengan TikTok, YouTube Shorts Kini Punya Fitur Baru Bernama Remix
YouTube Shorts punya fitur baru bernama Remix. (YouTube)
05:56
19 Februari 2024

Semakin Mirip dengan TikTok, YouTube Shorts Kini Punya Fitur Baru Bernama Remix

- Popularitas TikTok sebagai media sosial (medsos) berbasi video pendek tidak bisa diragukan lagi telah membuat para "raksasa" terdahulu jengah. Pasalnya, banyak terobosan platform medsos seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, bahkan YouTube, sedikit banyak meniru apa yang dimiliki TikTok.

Hal tersebut bisa dilihat misalnya saja di Instagram ada yang namanya Reels. Kemudian di YouTube juga ada yang namanya Shorts, fitur video pendek tersebut jelas meniru apa yang sekarang ada di TikTok.

Lebih jauh lagi, YouTube baru saja merilis fitur baru lainnya lagi yang membuatnya jadi makin mirip TikTok. YouTube umumkan kehadiran fitur baru mereka untuk pengguna Shorts yang bernama Remix.

Sarah Ali, Direktur Senior bidang Manajemen Produk YouTube, Shorts dan Komunitas mengumumkan kehadiran fitur baru ini melalui laman blog resmi mereka. YouTube secara resmi menghadirkan fitur Remix untuk para kreator Shorts yang ingin berkreasi menggunakan musik di video pendek mereka.

Dengan fitur tersebut, pengguna, para kreator dapat mengambil potongan klip dari video musik artis favorit mereka hanya dengan menekan satu tombol. Remix sendiri dihadirkan oleh YouTube dengan empat fitur yang menarik. Fitur tersebut yakni Sound, Collab, Green Screen dan Cut.

Dengan Sound, para kreator dapat langsung mengambil potongan audio dari musisi dan video yang mereka inginkan. Selain itu para pengguna yang ingin berkolaborasi dengan pembuat video atau ingin membuat konten dance berdasarkan video klip favorit mereka juga dapat memanfaatkan fitur Collab yang disematkan.

Layanan berbagi video yang dikenal dengan ciri khas logo berwarna merah itu juga hadirkan opsi Green Screen dalam fitur Remix mereka. Dengan kemampuan tersebut, para kreator dapat menjadikan video tersebut sebagai latar belakang mereka sehingga semakin mudah dalam membuat konten pendek berjenis video reaction.

Dalam blog resmi tersebut, YouTube juga menyebut bahwa opsi Green Screen ini juga dapat digunakan sebagai pembuatan konten reaction untuk video klip yang baru dirilis.

Cara menggunakan fitur tersebut juga mudah. Untuk me-remix video musik artis favorit Anda di Shorts, Anda bisa melakukannya langsung dari video di YouTube, kemudian ketuk “Remix” untuk memilih satu dari empat opsi untuk di-remix: audio, green screen, cut, dan collab.

Jika memilih audio, Anda bisa mengambil audio saja dari video, dan menjadikannya sebagai soundtrack Shorts. Kemudian jika memilih collab, Anda bisa membuat video Shorts tepat di samping video aslinya, sehingga Anda dan teman Anda dapat melakukan koreografi secara berdampingan dengan artisnya.

Untuk green screen, Anda bisa menggunakan video artis tersebut sebagai latar belakang video Shorts Anda. Ini mungkin bisa menjadi video reaksi real-time Anda saat pertama kali mendengarkannya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #semakin #mirip #dengan #tiktok #youtube #shorts #kini #punya #fitur #baru #bernama #remix

KOMENTAR