Tesla Cybercab, Mobil Listrik Otonom Ambisius yang Dipamerkan Elon Musk Ternyata Punya Fitur Wireless Charging
Ilustrasi Tesla Cybercab. (Tesla)
07:20
15 Oktober 2024

Tesla Cybercab, Mobil Listrik Otonom Ambisius yang Dipamerkan Elon Musk Ternyata Punya Fitur Wireless Charging

–Pekan lalu, Elon Musk, taipan teknologi Amerika Serikat (AS), pentolan perusahaan Tesla, SpaceX dan media sosial X (sebelumnya Twitter) memamerkan terobosan terbaru di bidang robotika. Elon Musk menampilkan robot humanoid bernama Optimus, bersamaan dengan ditampilkannya Cybercab, sebuah robotaxi ambisius.

Robotaxi yang ambisius ini dibanderol seharga USD 30.000 (berkisar Rp 466 jutaan). Memiliki desain yang sepenuhnya otonom tanpa roda kemudi atau pedal. Mobil listrik purwarupa yang digadang merupakan masa depan transportasi massal itu tampil futuristik dan mengesankan.

Selain itu, satu inovasi yang menonjol yang diketahui adalah teknologi pengisian daya nirkabel baru yang inovatif. Tesla Cybercab ini hadir dengan fitur pengecasan wireless charging.

Dilansir via Gizmochina, Tesla Cybercab dengan fitur wireless charging tersebut diyakini dapat mengubah lanskap kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) saat ini. Robotaxi ini adalah yang pertama dari jenisnya, yang memperkenalkan teknologi pengisian daya induksi nirkabel.

Mengapa ini begitu penting? EV generasi saat ini masih memiliki format pengisian daya kabel. Namun Cybercab baru tidak memiliki port pengisian daya fisik, mobil Tesla pertama yang menghilangkannya.

Berkat pengisian daya induktif, kendaraan self-driving ini mengisi daya secara nirkabel menggunakan medan elektromagnetik untuk mentransfer energi dari bantalan pengisian daya ke baterai.

Dalam pengumuman resminya, Elon Musk dengan santai menyatakan, Robotaxi tidak memiliki colokan. Hanya melewati pengisi daya induktif dan mengisi daya. ”Jadi, ya, begitulah seharusnya,” kata Elon Musk dalam presentasinya.

Dia juga menambahkan bahwa masa depan harus terlihat seperti masa depan. Pilihan desain ini jelas merupakan kendaraan dari masa depan yang dekat.

Sayangnya, acara peluncuran tidak mengungkapkan detail lebih lanjut seperti spesifikasi teknis robotaxi Cybercab tersebut. Jadi, masih tidak diketahui tentang ukuran baterai Cybercab atau seberapa cepat teknologi induksi mengisi daya. Menarik untuk dinantikan.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #tesla #cybercab #mobil #listrik #otonom #ambisius #yang #dipamerkan #elon #musk #ternyata #punya #fitur #wireless #charging

KOMENTAR