Gibran Singgung Bogor Masih Ada Blank Spot Area, Kominfo: Memang Fakta
Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Indra Maulana (kanan). 
14:48
2 Februari 2024

Gibran Singgung Bogor Masih Ada Blank Spot Area, Kominfo: Memang Fakta

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) angkat suara perihal adanya komentar terkait blank spot area yang masih ada di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Adapun, komentar tersebut dilontarkan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka.

Sebagai informasi, blank spot area adalah daerah yang tidak mendapat sinyal dari menara telekomunikasi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kominfo, Indra Maulana menjelaskan bahwa blank spot area hingga kini masih ada di sejumlah titik wilayah Indonesia.

Ia menyebut, tak hanya di Bogor, di kota besar seperti Jakarta saja juga masih ada blank spot area.

"Memang faktanya di Indonesia itu masih ada (blank spot area)" ucap Indra saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

"Di Jakarta saja di wilayah-wilayah tertentu masih ada blank spot, apalagi kabupaten kota yang di luar kota Jakarta, di Amerika pun juga seperti itu," sambungnya.

Indra melanjutkan, hal tersebut tentunya menjadi pekerjaan rumah Kominfo.

Adapun Kominfo terus menggencarkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di seluruh pelosok Indonesia.

Kominfo juga memiliki Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo, yang memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastruktur digital bagi seluruh wilayah Indonesia.

Salah satunya BAKTI Kominfo menjalankan beberapa strategi yaitu realisasi proyek strategis nasional (PSN) Palapa Ring, perluasan pembangunan BTS, penyediaan akses internet di wilayah 3T, dan pembangunan ekosistem digital.

Kominfo juga membuka pintu bagi para pelaku usaha di industri telekomunikasi, untuk bekerjasama membangun pemerataan infrastruktur digital di Tanah Air.

"Saya enggak mau mengomentari spesifik, tapi ya masih ada (blank spot) dan Kominfo mengupayakan (perbaikan)" pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyindir mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate yang terjerat kasus korupsi.

Ia menilai korupsi yang dilakukan terhadap pembangunan menara base transceiver station (BTS) 4G berdampak terhadap masih banyaknya tempat-tempat yang tidak terjamah sinyal alias blank spot.

Hal itu dikatakan Gibran Rakabuming Raka saat bertemu dengan generasi muda di Shunsine Cafe & Resto di wilayah Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (31/1/2024).

Mulanya, Gibran mengatakan ingin membangun pemerataan infrastruktur digital di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Kemudian, ia menanyakan kepada kawula muda yang hadir itu apakah di Kabupaten Bogor masih kesulitan dalam mendapatkan sinyal internet.

Dengan kompak para Gen-Z dan millenial itu menjawab bahwa masih terdapat tempat-tempat di Kabupten Bogor yang sulit untuk mendapat jaringan internet atau blank spot.

"Waduh sekelas Kabupaten Bogor (blank spot), oke nanti jadi PR, soalnya kemarin menterinya korupsi," ujar Gibran disambut sorak sorai aundiens.

Ia pun mengatakan kendala susah sinyal tersebut akan menjadi fokusnya ke depan untuk melakukan pemerataan infrastruktur digital di Indonesia.

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #gibran #singgung #bogor #masih #blank #spot #area #kominfo #memang #fakta

KOMENTAR