Fitur Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 Terungkap: Performa Gahar, AI Canggih, dan Fitur Unggulan Lainnya
Ilustrasi chipset Snapdragon 8 Gen 4. (Qualcomm)
08:40
8 Oktober 2024

Fitur Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 Terungkap: Performa Gahar, AI Canggih, dan Fitur Unggulan Lainnya

Qualcomm diharapkan mengenalkan Snapdragon 8 Gen 4 dalam waktu dekat. Sebagian fitur Snapdragon 8 Gen 4 kini bocor ke publik.

Sebagai pengingat, chipset anyar Qualcomm telah muncul di Geekbench beberapa waktu lalu. Platform benchmark berhasil membocorkan performa CPU dan GPU-nya.

Bocoran anyar memperlihatkan potensi lain dari Snapdragon 8 Gen 4. Sebagai catatan, nama komersial Snapdragon 8 Gen 4 belum final mengingat terdapat spekulasi yang menyebut dengan penamaan Snapdragon 8 Elite.

Dikutip dari Notebookcheck, bocoran baru dari Baidu mengungkap semua hal yang perlu diketahui tentang SoC andalan mendatang, kecuali beberapa detail penting. Sebagai permulaan, Snapdragon 8 Gen 4 menggandakan kemampuan GenAI pada perangkat.

Baca Juga: Samsung Exynos 1480 Setara Snapdragon Berapa? Cek Ini Lawannya!

Bagian CPU-nya dibiarkan kosong, tetapi kita sudah tahu bahwa ia hadir dengan desain Oryon 8-core dengan 2 core performa dan 6 core efisiensi. Modul UFS 4.0-nya memiliki kemampuan read/write 4.500/4.000 MB.

Bocoran fitur Snapdragon 8 Gen 4. (Baidu)Bocoran fitur Snapdragon 8 Gen 4. (Baidu)

Bertentangan dengan rumor sebelumnya, chip kemungkinan bakal meluncur dengan RAM LPDDR5X dan bukan LPDDR6. Spesifikasi penting lain termasuk Display Processing Unit (DPU) 'Adreno 8-series', yang dapat memberi daya pada layar 3.840 x 2.540 piksel 144 Hz.

Chip dapat mengeluarkan video hingga 8K 60 FPS ke layar eksternal. Sayangnya, hal-hal baik tentang GPU Adreno 830 tidak terlihat. Namun, bocoran ini memperkirakan GPU akan menawarkan peningkatan kinerja sebesar 40 persen dengan clock speed puncak pada 1,0 GHz.

Melalui daftar Geekbench, konfigurasi CPU Snapdragon 8 Gen 4 kemungkinan mencakup dua core performa tinggi pada 4.32 GHz dan enam core efisiensi pada 3,53 GHz. Chipset ini kabarnya memberikan lompatan kinerja signifikan dibanding Snapdragon 8 Gen 3.

Baca Juga: Snapdragon 8 Elite Disiapkan untuk HP Flagship, Ada Xiaomi hingga Samsung

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #fitur #qualcomm #snapdragon #terungkap #performa #gahar #canggih #fitur #unggulan #lainnya

KOMENTAR