Seberapa Kencang Snapdragon 8 Gen 4? Ini Sejumlah Peningkatannya
Ilustrasi Chipset Qualcomm Snapdragon. [Qualcomm]
19:24
4 Oktober 2024

Seberapa Kencang Snapdragon 8 Gen 4? Ini Sejumlah Peningkatannya

Chipset premium Qualcomm bakal meluncur dalam waktu dekat. Menjelang perilisan, penggemar tentu penasaran terkait seberapa kencang Snapdragon 8 Gen 4.

Sebagai informasi, Snapdragon 8 Gen 4 merupakan generasi penerus Snapdragon 8 Gen 3. Perlu digarisbawahi bahwa nama Snapdragon 8 Gen 4 belum final mengingat terdapat teaser tentang Snapdragon 8 Elite yang beredar di Weibo.

Terdapat bocoran terkait Qualcomm memutuskan untuk mengganti penamaan pada chipset flagship-nya. Sebagai pengingat, Snapdragon 8 Gen 3 mampu mencetak skor AnTuTu 2.140.000 poin.

Skor performa single-core sekitar 2.320 sementara pengujian multi-core miliknya mencapai 7.530 poin di Geekbench. Dikutip dari Gizmochina, Xiaomi 15 kemungkinan besar bakal menjadi smartphone pertama dengan Snapdragon 8 Gen 4.

Baca Juga: Samsung Exynos 1480 Setara Snapdragon Berapa? Cek Ini Lawannya!

Chipset diprediksi mengemas CPU octa-core dengan GPU Adreno 830. Sebelumnya, OnePlus 13 dengan Snapdragon 8 Gen 4 telah muncul di Geekbench.

Ilustrasi Snapdragon 8 Gen 4. (Gizmochina)Ilustrasi Snapdragon 8 Gen 4. (Gizmochina)

Konfigurasi CPU mencakup dua core performa tinggi pada 4.32 GHz dan enam core efisiensi pada 3,53 GHz. Pada pengujian Geekbench, perangkat dengan chip flagship tersebut mencetak skor performa single-core dan multi-core masing-masing sebesar 3.250 poin dan 10 ribu poin.

Skor Geekbench mengindikasikan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 menawarkan lompatan performa signifikan dibanding Snapdragon 8 Gen 3. Lonjakan kinerja ini kemungkinan besar disebabkan oleh peningkatan arsitektur dan pengoptimalan dalam desain inti yang baru.

Berdasarkan rumor yang beredar, Snapdragon 8 Gen dispekulasikan mampu menembus skor 3 juta poin di AnTuTu. Meski belum dikonfirmasi resmi, ini menandakan peningkatan besar dibanding generasi pendahulu yang berkisar 2,1 juta hingga 2 juta poin di AnTuTu versi 10.

Salah satu yang menjadi sorotan pada Snapdragon 8 Gen 4 adalah kinerja GPU-nya. Adreno 830 diprediksi 56 persen lebih kencang dibanding generasi pendahulu, Adreno 750. Kemajuan ini menunjukkan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 menawarkan performa kencang untuk melibas banyak game berat.

Baca Juga: Snapdragon 8 Elite Disiapkan untuk HP Flagship, Ada Xiaomi hingga Samsung

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #seberapa #kencang #snapdragon #sejumlah #peningkatannya

KOMENTAR