''Toleransi Rasa Fufufafa?'' Warganet Kritik Tajam Pernyataan Kaesang Soal Gibran
Kolase Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep [Instagram]
14:08
2 Oktober 2024

''Toleransi Rasa Fufufafa?'' Warganet Kritik Tajam Pernyataan Kaesang Soal Gibran

Kedua putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, hingga kini masih menjadi sorotan publik setelah viralnya kasus akun Kaskus Fufufafa dan penggunaan jet pribadi.

Baru-baru ini, Ketua Umum PSI tersebut menyebut Gibran sebagai contoh sosok pemimpin yang menjunjung toleransi. Hal ini disampaikannya saat menghadiri undangan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Jumat (27/9/2024).

Pernyataan Kaesang Pangarep kemudian menjadi sorotan publik, khususnya warganet di platform X. Tak sedikit warganet yang mempertanyakan ucapan suami Erina Gudono tersebut karena dinilai bertolak belakang.

Salah satunya sebuah akun X @JhonSitorus_18 yang menyoroti gaya hidup heron keluarga Jokowi. Sebagaimana diketahui, belakangan ini barang-barang mewah yang digunakan Erina Gudono menjadi sorotan publik.

Baca Juga: Dicap Fufufafa Sebagai Artis Tak Mutu, Intip Keakraban Raffi Ahmad dengan Gibran Rakabuming Raka

"Toleransi itu harus punya value, bukan sekadar bangun rumah ibadan atau membuat festival babi panggang. Mengajarkan toleransi beragama tetapi menuhankan hidup hedon dan foya-foya di saat ada rakyat yang mati kelaparan," cuit pemilik akun tersebut.

Cuitan warganet soal toleransi Gibran. [X/@JhonSitorus_18]Cuitan warganet soal toleransi Gibran. [X/@JhonSitorus_18]

Unggahan tersebut kemudian menuai beragam komentar dari pengguna X lainnya. Beberapa warganet pun menyinggung Kembali salah satu postingan di akun Fufufafa mengenai rasisme terhadap orang Papua.

Mayoritas warganet di media sosial percaya bahwa pemilik akun Fufufafa adalah Gibran Rakabuming. Dalam tangkapan layer yang beredar, akun Fufufafa tersebut pernah mengomentari insiden teror yang dialami oleh Novela Nawipa, seorang politikus asal Papua.

Dalam postingan Fufufafa, pemilik akun Kaskus tersebut mengomentari warna kulit orang Papua dan menyebut gosong. Postingan tersebut pun dinilai tidak mencerminkan seseorang yang mampu bersikap toleransi. Pasalnya, intoleransi dapat muncul dalam berbagai bentuk seperti rasisme, seksisme, diskriminasi agama, atau diskriminasi lainnya.

"Di masa pemerintahan bapaknya, persekusi terhadap minoritas kerap terjadi," tulis akun @_rive********

Baca Juga: Heboh Isu "Agen Bersih-Bersih" Kaesang, Siapa Dalangnya? Kiky Saputri Beri Klarifikasi

"Toleransi seperti postingan Fufufafa gitu maksudnya?" komentar @dedd**********

"Pamer gaya hidup hedon terus bacot toleransi. Roti yang kau makan itu setara gaji honorer sebulan, masih banyak rakyat Indonesia yang dikejar-kejar pinjol padahal angsurannya kurang dari 400 ribu sebulan, saking sulitnya ngumpulin duit 400 ribu sebulan. Terus dimana toleransi elu?" sahut @pen********

"Gibran toleransi? Nggak inget postingan Fufufafa soal rasis orang Papua?" tambah @grim*

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #toleransi #rasa #fufufafa #warganet #kritik #tajam #pernyataan #kaesang #soal #gibran

KOMENTAR