7 Jenis Aplikasi yang Perlu Dihapus di HP Android, Delete yang Sudah Ketinggalan Zaman
Ada beberapa jenis aplikasi yang perlu dihapus dari HP karena beberapa alasan (unsplash/Christian Wiediger).
00:00
20 September 2024

7 Jenis Aplikasi yang Perlu Dihapus di HP Android, Delete yang Sudah Ketinggalan Zaman

- HP Android telah menjadi salah satu gadget paling banyak digunakan orang-orang zaman sekarang. Apalagi di Indonesia, HP Android jadi primadona karena harganya lebih murah daripada iPhone.

Smartphone atau HP zaman sekarang menggunakan aplikasi untuk bekerja secara fungsional. Aplikasi membantu kinerja banyak orang dalam menjalani aktivitas.

Dengan aplikasi, seseorang bisa memesan makanan secara online, mengikuti meeting virtual, desain logo atau gambar, dan masih banyak lagi dengan menggunakan aplikasi.

Tetapi, banyak juga jenis aplikasi yang sejatinya tidak berguna untuk HP Android. Jenis-jenis aplikasi tersebut hanya akan memenuhi memori HP dan tentunya bisa bikin lemot.

Dikutip dari Make Use Of, berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi yang perlu dihapus dari HP Android.

Aplikasi Bawaan

Jenis yang pertama yaitu aplikasi bawaan atau bloatware. Jenis satu ini merupakan aplikasi yang sudah diinstal oleh brand pada produk HP Android-nya.

Meskipun banyak yang berguna, namun tidak sedikit juga yang jarang digunakan pengguna. Jenis aplikasi bawaan tidak bisa dihapus atau uninstal, namun bisa dinonaktifkan.

Aplikasi Ketinggalan Zaman

HP Android berkembang pesat sejak kemunculannya pada tahun 2008. Di awal kemunculannya, HP Android membutuhkan banyak aplikasi yang di zaman sekarang sudah menjadi fitur bawaan.

Aplikasi tersebut seperti senter, QR scanner, media player, dan masih banyak lagi. Sekarang, semua HP Android tidak memerlukan aplikasi khusus dalam melakukan fungsi-fungsi tersebut.

Aplikasi Booster

Aplikasi booster digunakan untuk meningkatkan performa HP Android. Jenis satu ini meliputi aplikasi pembersih RAM, penghemat baterai, optimasi game, dan beberapa lainnya.

Aplikasi booster sejatinya hanya mengurangi fungsi atau daya kerja HP. Bukannya meningkatkan, HP malah terasa lebih lemot setelah mengaktifkan aplikasi booster.

Aplikasi Duplikat

Sering kali kita secara tidak sadar menginstal dua aplikasi yang memiliki fungsi sama di HP. Ujung-ujungnya pun kita hanya menggunakan satu aplikasi saja.

Contoh aplikasi yang sering kita duplikat adalah browser, note, message, dan lainnya. Kalau kamu mendapati hanya aktif menggunakan satu aplikasi, maka hapus yang lainnya.

Aplikasi Media Sosial Berkapasitas Besar

Aplikasi media sosial memang sering kali kita gunakan di kala senggang ataupun untuk pekerjaan. Tetapi, aplikasi media sosial zaman sekarang membutuhkan kapasitas memori yang besar.

Contohnya seperti Facebook, Instagram, TikTok, hingga X. Bahkan, satu aplikasi media sosial bisa membutuhkan kapasitas minimal 1 GB.

Untuk mengatasinya, hapus aplikasi media sosial yang jarang kamu gunakan. Cara lainnya yaitu menggunakan versi ringan atau lite dari aplikasi media sosial tersebut agar tidak memenuhi kapasitas penyimpanan.

Aplikasi Game yang Sudah Lama Tidak Dimainkan

Game pada HP Android memang seru-seru dan sangat bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu. Tetapi, tentu dalam sehari tidak semua game bisa dimainkan dalam satu waktu.

Hapus aplikasi game yang sudah tidak lagi kamu mainkan. Pilih yang memakan banyak kapasitas karena nantinya akan berpengaruh pada performa HP.

Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Hampir semua orang memiliki beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Alasannya bermacam-macam, bisa karena memang sudah tidak terpakai, ketinggalan zaman, atau karena awalnya hanya iseng-iseng instal.

Jangan ragu untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah tidak berguna tersebut. Hal ini akan membuat HP jadi tidak lemot lagi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jenis #aplikasi #yang #perlu #dihapus #android #delete #yang #sudah #ketinggalan #zaman

KOMENTAR