Mengenal Brandoville Studios, Viral di Medsos Gara-gara Kasus Bullying dan Kekerasan Terhadap Pekerjanya
Ilustrasi: Studio game lokal Brandoville Studios viral gara-gara dugaan bullying dan kekerasan terhadap pekerjanya. (Instagram/Brandoville Studios)
15:44
13 September 2024

Mengenal Brandoville Studios, Viral di Medsos Gara-gara Kasus Bullying dan Kekerasan Terhadap Pekerjanya

  - Brandoville Studios muncul dan viral di internet, khususnya di media sosial karena dugaan bullying pada pekerjanya. Siapa sih Brandoville Studios? Diketahui nama tersebut merupakan brand pengembang game asal Indonesia.   Sebelumnya, utas tentang dugaan bullying hingga kekerasan Brandoville Studios dishade oleh netizen di X (sebelumnya Twitter) dengan akun @Bisher_d790 dan @Adriandh. Nah seperti sudah disinggung di atas, Brandoville Studios merupakan perusahaan studio game yang membuat artwork dalam beberapa proyek game besar.   Studio game ini tercatat pernah lho, terlibat pada pembuatan artwork di beberapa judul terkenal seperti Final Fantasy VII Remake, The Last of Us, dan Warcraft 3 Reforged.  

 

  Mantan karyawannya membagikan cerita bahwa pekerja di Brandoville Studios sering dipaksa untuk lembur. Parahnya, lembur kerja tersebut dilakukan tanpa menerima upah yang sesuai.   Dikisahkan juga bahwa di perusahaan game tersebut terdapat seorang karyawan yang hamil tua mengalami pendarahan karena terpaksa bekerja hingga jam 3 pagi. Sebelumnya, karena Brandoville Studios ini muncul dan jadi bahasan di X, nama Cherry Lai selaku Co-owner dan istri CEO Brandoville Studios juga ikut jadi trending topik di X.   Berdasarkan temuan netizen, Brandoville Studios juga diduga melakukan kekerasan fisik ke karyawan mereka. Kekerasan itu dilakukan sebagai bentuk hukuman pada mereka. Laporan lain menjelaskan mantan karyawan dan keluarganya mendapatkan ancaman langsung.    Bahkan, ada juga karyawan yang menyebut bahwa mereka merasa tidak aman di rumahnya sendiri. Sejumlah pengguna X juga menyebutkan Brandoville Studios telah tutup. Namun para pemimpinnya membuka studio baru bernama Lailai Studios.   Menilik laman resmi Brandoville disebutkan studio itu merupakan bagian dari Lemon Sky. Pemegang saham perusahaan membangun Brandoville Lemon Sky dengan mitra bisnis lokal di Indonesia tahun 2018 lalu.   Lemon Sky sendiri diketahui bagian dari jaringan studio yang ikut mengerjakan animasi untuk game Final Fantasy dan The Last of Us. Kemudian, dua tahun berikutnya, Brandoville menjadi perusahaan independen dan mengubah namanya menjadi Brandoville Studios.   Lailai Studios juga menuliskan sebagai studio yang didirikan di Jakarta tetapi berkantor pusat di Hong Kong. Studio game tersebut menyatakan dirinya sebagai salah satu grup pengembang Computer Graphic Arts atau seni grafis komputer (CG) dan khusus membuat game AAA serta animasi premium.      

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #mengenal #brandoville #studios #viral #medsos #gara #gara #kasus #bullying #kekerasan #terhadap #pekerjanya

KOMENTAR