Samsung Galaxy AI: Meningkatnya Pengguna hingga Mendorong Inovasi Baru dalam Kecerdasan Buatan
Ilustrasi -- Penggunaan fitur Circle to Search pada Samsung Galaxy Z Flip6. [Samsung Electronics Indonesia]
08:32
11 September 2024

Samsung Galaxy AI: Meningkatnya Pengguna hingga Mendorong Inovasi Baru dalam Kecerdasan Buatan

Penggunaan kecerdasan buatan Galaxy AI terus meningkat,  hal itu mendorong Samsung Electronics Indonesia untuk memperluas inovasi dan fungsionalitasnya.

Namun demikian, Samsung menyebutkansejak pertama kali diperkenalkan pada seri Galaxy S24 awal tahun ini, Galaxy AI telah menarik perhatian 19 persen pengguna Samsung. Namun, seiring dengan perluasannya ke seri Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, angka tersebut melonjak menjadi 27 persen.

Galaxy AI bukan hanya alat kecerdasan buatan biasa, tetapi kini menjadi fitur penting yang mendukung produktivitas pengguna.

Samsung menyusun strategi pengembangan AI yang lebih personal dengan memperhatikan kebutuhan konsumen Indonesia, seperti pelatihan mesin dalam bahasa Indonesia agar lebih kontekstual dan sesuai dengan KBBI.

Baca Juga: Kelebihan Chipset A18 dan A18 Pro di iPhone 16 Series, Janjikan Performa Superior dengan AI Cerdas!

Bahkan, tim riset sedang mempertimbangkan untuk mengajari AI dialek bahasa Indonesia guna membuat respons lebih relevan.

"Pengembangan Galaxy AI akan fokus pada produktivitas, bukan hanya hiburan," ujar Yanuar, Kepala Platform Perangkat Lunak Samsung R&D Institute Indonesia dikutip pada keterangan tertulis pada Selasa (10/9/2024).

Galaxy AI hadir dengan dua jenis pemrosesan, yakni on-device dan on-cloud. Ini berarti pengguna dapat memanfaatkan Galaxy AI untuk berbagai kebutuhan, mulai dari interpretasi, transkripsi, hingga terjemahan.

Kemampuan AI ini diharapkan dapat membantu konsumen dalam aktivitas sehari-hari, bukan hanya sekadar alat untuk hal-hal lucu.

Menurut Manajer Pemasaran Senior Samsung, Ilham Indrawan, Samsung berharap AI ini bisa lebih banyak membantu pengguna, tidak hanya untuk hiburan, tapi juga untuk produktivitas.

Baca Juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy A06 vs Samsung Galaxy A05, Duel HP Murah

"Tidak hanya menggunakan AI untuk hal lucu, tapi juga untuk membantu kehidupan sehari-hari," kata Ilham.

Dengan kemajuan pesat ini, Galaxy AI terus berkembang menjadi salah satu inovasi yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mempermudah hidup penggunanya.

Editor: Budi Arista Romadhoni

Tag:  #samsung #galaxy #meningkatnya #pengguna #hingga #mendorong #inovasi #baru #dalam #kecerdasan #buatan

KOMENTAR