Pengadaan Barang dan Jasa Via Digital di Lingkup Pemprov Jatim Tembus Rp1.081 Triliun
Dari kiri ke kanan: Ryn MR Hermawan, CEO Mbizmarket - Bobby Soemiarso, PJ Sekda Jatim - Endy Alim Abdi Nusa, Kepala PBJ Sekda Jatim. 
10:54
27 Agustus 2024

Pengadaan Barang dan Jasa Via Digital di Lingkup Pemprov Jatim Tembus Rp1.081 Triliun

Hingga saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mencatatkan pengadaan digital barang jasa sebanyak Rp. 1.081 Triliun sebagai bukti komitmen dalam menjalankan transformasi pengadaan digital Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui metode e-purchasing.

Untuk pengadaan barang dan jasa via digital ini, Pemprov Jawa Timur saar ini menjalankan program Jawa Timur Belanja Online disingkat Jatim Bejo dengan dukungan Mitra Toko Daring ring Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)

“Dengan memanfaatkan program Jatim Bejo saya berharap semakin banyak perangkat daerah di kota dan kabupaten yang ikut menggunakan metode e-purchasing untuk pengadaan,” ujar Dr. Bobby Soemiarsono, S.H., M.Si PJ Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur dikutip Selasa, 27 Agustus 2024.

Dia menambahkan, dengan dilakukannya transformasi pengadaan digital barang jasa pemerintah melalui e-purchasing akan menjadi lebih transparan serta akuntabel.

Dari proses pengadaan sampai proses pembayaran semua melalui proses digital. Sehingga praktik kecurangan di dalam pengadaan barang jasa bisa dicegah

Bobby menjelaskan, sejak diluncurkan pada 1 November 2020 program Jawa Timur Belanja Online (Jatim Bejo) telah melibatkan lebih dari 9.900 Usaha Menengah Kecil (UMK) sebagai penyedia di Provinsi Jawa Timur yang telah berpartisipasi dalam transformasi pengadaan digital barang jasa pemerintah.

Serta telah menyediakan kurang lebih 500.000 produk tayang pada program Jatim Bejo.

Pada kegiatan tersebut juga diumumkan Satuan Kerja (Satker) dan pelaku UMK di Provinsi Jawa Timur yang meraih penghargaan atas kinerja di dalam transformasi pengadaan digital barang jasa Pemerintah Provinsi Jawa Timur selama tahun 2023.

Di antaranya adalah Perangkat Daerah dengan Total Pesanan dan Total Transaksi Terbanyak dalam Pemanfaatan Pengadaan Barang/Jasa, Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Transaksi Terbanyak dalam Pemanfaatan Pengadaan Barang/Jasa, UMK dengan Transaksi Terbanyak pada Kategori Makanan dan Minuman.

Selain itu, juga UMK dengan Transaksi Terbanyak pada Kategori Alat Tulis Kantor, UMK dengan Transaksi Terbanyak pada Kategori Elektronik, Unit Organisasi Bersifat Khusus (UOBK) dengan Total Pesanan dan Total Transaksi Terbanyak Bidang Kesehatan dalam Pemanfaatan Pengadaan Barang/Jasa, serta Perangkat Daerah dengan Total Pesanan dan Total Transaksi Terbanyak dalam Pemanfaatan Pengadaan Barang/Jasa dan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Transaksi Terbanyak dalam Pemanfaatan Pengadaan Barang/Jasa.

“Saya sangat mengapresiasi para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Jawa Timur yang telah menggunakan metode e-purchasing melalui Program Jatim Bejo dalam transformasi pengadaan digital di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur," kata Dr. Endy Alim Abdi Nusa, S.IP., M.M Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Jawa Timur.

Hal ini terbukti dengan banyaknya nama-nama baru OPD yang masuk di dalam nominasi E-Purchasing Award 2024.

Dia berharap di kegiatan serupa di tahun depan akan lebih banyak lagi nama-nama Organisasi Perangkat Daerah baru yang masuk ke dalam nominasi e-purchasing award.

Tujuannya, agar bisa menjadi tolak ukur transformasi digital pengadaan barang jasa pemerintah di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur meningkat dan berjalan baik.

Untuk diketahui, Pemprov Jawa Timur saat ini menggelar acara E-Purchasing Award 2024 yang melibatkan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Convention Hall Grand City Surabaya Jawa Timur.

Kegiatan ini melibatkan Pemerintah Kota, Pemerintah Kabupaten, serta Perangkat Daerah di Provinsi Jawa Timur untuk mendorong transformasi digital dalampengadaan barang jasa pemerintah melalui metode e-purchasing selama tahun 2023 melalui program Jawa Timur Belanja Online (Jatim Bejo).

Sejauh ini, Mbizmarket sebagai Mitra Resmi Toko Daring LKPP sejak 2020 telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Program Jatim Bejo.

Ryan Mulyanto Riyadi Hermawan, CEO Mbizmarket mengatakan, pihaknyamengapresiasi kepercayaan yang diberikan Pemprov Jawa Timur dalam mendukung transformasi pengadaan digital barang jasa lewat e-purchasing di platform Mbizmarket.

"Kami turut bangga dengan capaian serta komitmen yang telah dicapai Pemprov Jawa Timur untuk mendorong penggunaan metode e-purchasing dalam pengadaan barang jasa pemerintah yang ditunjukan melalui penyelenggaraan e-Purchasing Award 2024," ujarnya.

Editor: Hendra Gunawan

Tag:  #pengadaan #barang #jasa #digital #lingkup #pemprov #jatim #tembus #rp1081 #triliun

KOMENTAR