Nama Kaesang Muncul di Deretan Trending Topik Usai 'Peringatan Darurat' Viral
Deretan trending yang menemani topik 'Peringatan Darurat'. (X)
16:08
22 Agustus 2024

Nama Kaesang Muncul di Deretan Trending Topik Usai 'Peringatan Darurat' Viral

Unggahan 'Peringatan Darurat' ramai menghiasi media sosial dalam 24 jam terakhir. Tak hanya Peringatan Darurat, nama Kaesang juga menghiasi trending topik di X.

Pantauan melalui Trends24.in, Peringatan Darurat menggema di X mulai Rabu (22/08/2024) siang. Topik tersebut sempat memuncaki trending usai dicuitkan lebih dari 240 ribu kali.

Tiga besar trending topik di X regional Indonesia mencakup #KawalPutusanMK, #TolakPilkadaAkal2an, dan #TolakPolitikDinasti. Pada Kamis (23/08/2024), #KawalPutusanMK memuncaki trending topik usai topik diposting lebih dari 1,9 juta kali.

Sejumlah tokoh publik, komika, hingga pegiat media sosial ramai mendukung gerakan 'Indonesia Darurat' dan #KawalPutusanMK. Para pendukung gerakan biasanya mengubah foto profil atau postingan dengan menampilkan Garuda Pancasila berlatar warna biru.

Baca Juga: 4 Gaya Hedon Erina Gudono dan Kaesang di Amerika, Sementara Rakyat Berjuang Kawal Putusan MK

Berdasarkan data Google Trends, sejumlah kata kunci seperti Peringatan Darurat Indonesia, Mahkamah Konstitusi, dan Jokowi mempunyai jumlah pencarian tinggi selama 24 jam terakhir di Google.

Ilustrasi Peringatan Darurat (Instagram/catchmeupco)Ilustrasi Peringatan Darurat (Instagram/catchmeupco)

Gerakan Peringatan Darurat muncul sebagai aksi protes terhadap hasil rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR RI yang membahas revisi Undang-Undang Pilkada.

DPR dianggap berusaha menganulir keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam putusan MK pada 20 Agustus 2024, ambang batas pencalonan (treshold) berkisar 6,5 hingga 10 persen, sesuai jumlah penduduk.

Sementara putusan Baleg DPR pada 21 Agustus 2024 mengungkap bahwa ambang batas hanya berlaku untuk partai yang tidak memiliki kursi di DPRD. Sejumlah pengamat termasuk mantan Menkopolhukam, Mahfud MD, mendukung putusan MK sehingga pelaksanaan Pilkada dapat meminimalisir kotak kosong dan calon boneka.

Selain itu, koalisi gemuk yang mengusung pasangan tertentu dianggap mencederai demokrasi. Atas dasar itu, gerakan Peringatan Darurat lantas viral di media sosial.

Baca Juga: Pernah Digaji Miliaran, Tarif Konten Eksklusif Erina Gudono Usai Jadi Mantu Presiden Disorot

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep naik pesawat pribadi (Instagram)Erina Gudono dan Kaesang Pangarep diduga naik pesawat pribadi (Instagram)

Nama Kaesang muncul usai sang istri, Erina Gudono diduga terekam menggunakan private jet. Melalui utas yang dibagikan pegiat media sosial Jhon Sitorus, anak dan menantu Presiden RI Jokowi tersebut dianggap bermewah-mewahan dan tak memedulikan kritik.

"Baru kemarin ada bapak Ojol yang meninggal karena kelaparan, eh anak dan menantu presiden pamer roti mahal Rp 400.000. Silahkan nikmati rotinya, foya-foya dengan private jet, abaikan saja rintihan rakyat yang perutnya melilit karena diiris oleh rasa lapar," tulis akun JhonSitorus_18 pada utas yang dibaca 1,4 juta kali.

Nama Kaesang trending usai dicuitkan lebih dari 185 ribu kali oleh netizen. Beberapa hashtag serta pembahasan yang trending di X pada Kamis (22/08/2024) mencakup #KawalPutusanMK, #TolakPilkadaAkal2an, #TolakPolitikDinasti, Peringatan Darurat, Raja Jawa, Kaesang, RUU Pilkada, dan Mahasiswa.

Editor: Muhammad Yunus

Tag:  #nama #kaesang #muncul #deretan #trending #topik #usai #peringatan #darurat #viral

KOMENTAR