IMSecure Cuma Rp1, Bisa Lacak Alamat IP dan Beri Notifikasi Jika Data Pribadi Berisiko Diretas
Indosat melalui brand IM3 perkenalkan IMSecure seharga Rp1 di Jakarta, Rabu (21/8/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]
22:48
21 Agustus 2024

IMSecure Cuma Rp1, Bisa Lacak Alamat IP dan Beri Notifikasi Jika Data Pribadi Berisiko Diretas

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand IM3, melanjutkan kerja sama strategis dengan Mastercard Indonesia menghadirkan fitur perlindungan data pribadi pelanggan melalui IMSecure powered by Mastercard. 

Inovasi ini menjadi salah satu solusi menjawab tantangan pemerataan pemanfaatan teknologi digital terhadap perlindungan data pribadi yang memiliki potensi pencurian ataupun penyalahgunaan.

IM3 meningkatkan proteksi terhadap data pribadi pelanggan melalui keunggulan IMSecure yang kini semakin mudah diakses oleh pelanggan IM3 hanya dengan harga Rp1 selama 30 hari untuk pengguna baru, berlaku 3 bulan masa periode promo, dari harga normal Rp4.000. 

IMSecure yang hanya Rp1 ini mendorong pelanggan untuk berinvestasi dalam layanan ekstra sebagai langkah pencegahan. 

Baca Juga: Indosat Gandeng Google Cloud Siap Hadirkan Penyimpanan Data Diklaim Paling Ketat di Indonesia

Pelanggan yang sudah mengaktifkan, akan mendapatkan notifikasi jika data mereka disalahgunakan sehingga pelanggan dapat mengambil tindakan untuk meminimalkan kerugian dengan segera. 

IMSecure bekerja dengan cara menjelajahi berbagai sudut di internet, termasuk dark web, untuk mencari kredensial yang telah diincar dan penggunaan informasi pribadi yang berpotensial dirusak. 

Indosat melalui brand IM3 perkenalkan IMSecure seharga Rp1 di Jakarta, Rabu (21/8/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]Indosat melalui brand IM3 perkenalkan IMSecure seharga Rp1 di Jakarta, Rabu (21/8/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]

Selain itu, IMSecure membantu pengguna melacak alamat IP, akun media sosial dan identitas game online mereka. 

Hal ini berfungsi menemukan potensi pencurian informasi pribadi seperti, nomor induk kependudukan, detail paspor, nomor telepon, alamat email, nomor rekening bank, nomor kartu kredit/debit dan lain sebagainya.

Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, di tengah pesatnya kemajuan teknologi dan kebutuhan yang tinggi terhadap transaksi secara online, akan muncul resiko terhadap potensi serangan siber dan keamanan data pribadi milik pelanggan. 

Baca Juga: Indosat Siap Beri Layanan dan Fasilitas Canggih Berbasis AI

“Upaya untuk menjaga keamanan data pribadi pelanggan menjadi prioritas kami. Kolaborasi Indosat dengan Mastercard dalam menghadirkan IMSecure menunjukkan fokus kami untuk menghadirkan pengalaman mengesankan bagi pelanggan melalui tambahan proteksi terhadap serangan siber, yang akan semakin mendukung keamanan dan kenyamanan pelanggan saat berinternet dan bertransaksi secara online menggunakan IM3,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Aileen Goh, President Director Mastercard Indonesia, mengatakan, “ID Theft Protection™ dari Mastercard adalah teknologi dark web monitoring yang memungkinkan konsumen bersikap proaktif dalam melindungi data pribadi mereka. 

“Teknologi ini mendukung solusi baru dari Indosat Ooredoo Hutchison, IMSecure,” katanya.

Dark web adalah bagian dari internet yang mungkin tidak banyak diketahui orang.

Tempat ini memungkinkan pelaku kejahatan siber untuk melihat konten yang bahkan belum terdaftar pada mesin pencari dan tidak dapat diakses melalui web browser konvensional. 

“Disinilah para penjahat siber dapat dengan mudah mengakses informasi pribadi seorang individu hingga orang terdekat mereka untuk kemudian menggunakannya dalam penipuan terhadap individu dan serangan siber pada bisnis,” tambah dia.

IMSecure telah diintegrasikan dengan aplikasi myIM3 sehingga sangat mudah untuk mengaktifkannya. 

Indosat melalui brand IM3 perkenalkan IMSecure seharga Rp1 di Jakarta, Rabu (21/8/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]Indosat melalui brand IM3 perkenalkan IMSecure seharga Rp1 di Jakarta, Rabu (21/8/2024). [Suara.com/Dythia Novianty]

Pelanggan IM3 dapat mengaktifkan fitur IMSecure secara langsung dengan tahapan berikut:

  1. Berlangganan IMSecure melalui aplikasi myIM3 dengan melakukan pembayaran menggunakan pulsa.
  2. Tunggu link aktivasi melalui push notification atau SMS, lalu klik link tersebut untuk registrasi di landing page Mastercard.
  3. Masukkan data diri berupa nomor handphone dan nama.
  4. Lindungi akun dengan membuat password.
  5. Perlindungan data pribadi melalui fitur IMSecure sudah langsung aktif.

Ribuan pelanggan IM3 telah mengaktifkan layanan ini sejak peluncurannya yang pertama pada 2021, untuk meningkatkan proteksi data pribadi mereka. 

Pelanggan kini juga dapat mengikuti games dan menyimak video edukasi layanan IMSecure yang tersedia di aplikasi myIM3.

Editor: Dythia Novianty

Tag:  #imsecure #cuma #bisa #lacak #alamat #beri #notifikasi #jika #data #pribadi #berisiko #diretas

KOMENTAR