Medali Perunggu Olimpiade Paris 2024 Milik Atlet Senam AS Dicabut, Ini Penyebabnya
Komite Olimpiade Internasional (IOC) meminta Jordan Chiles untuk mengembalikan medali perunggu yang diraihnya di Olimpiade Paris 2024. 
15:30
16 Agustus 2024

Medali Perunggu Olimpiade Paris 2024 Milik Atlet Senam AS Dicabut, Ini Penyebabnya

Perhelatan Olimpiade Paris 2024 telah rampung digelar, namun baru-baru ini ada kejadian soal pencabutan medali perunggu milik atlet senam Amerikat Serikat (AS), Jordan Chiles.

Diketahui, Komite Olimpiade Internasional (IOC) meminta Jordan Chiles untuk mengembalikan medali perunggu yang diraihnya di Olimpiade Paris 2024.

Keputusan tersebut berdasarkan keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

CAS memutuskan bahwa atlet Rumania, Ana Barbosu, lah yang berhak medali perunggu yang sah.

Adapun penyebabnya, ada kekeliruan soal penghitungan skor saat pertandingan berlangsung.

Awalnya, Chiles naik dari posisi kelima ke posisi tiga sekaligus membuatnya berhak mendapat medali perunggu.

Namun, keputusan juri lantas mendapat protes dari federasi senam Rumania.

Setelah mengajukan banding, ternyata memang benar bahwa ada kekeliruan.

Hasilnya, Ana Barbosu menerima medali perunggu yang sebelumnya diraih oleh Jordan Chiles.

"Dalam persidangan, tidak ada perselisihan antara kedua belah pihak bahwa waktu nona Chiles yang diajukan 1 menit 4 detik setelah skornya resmi ditampilkan di papan skor," bunyi pernyataan resmi CAS, dikutip dari ESPN.

"Semua pihak menerima dengan jelas dan tegas laporan yang disiapkan oleh Omega, pencatat waktu resmi  Olimpiade. Tidak ada pihak yang meminta diterima bukti lain."

Komite Olimpiade Internasional (IOC) meminta Jordan Chiles untuk mengembalikan medali perunggu yang diraihnya di Olimpiade Paris 2024. Komite Olimpiade Internasional (IOC) meminta Jordan Chiles untuk mengembalikan medali perunggu yang diraihnya di Olimpiade Paris 2024. (Tangkap Layar Instagram resmi @jordanchiles)

Respons Jordan Chiles 

Medali perunggnya dicabut, Jordan Chiles lantas memberikan tanggapannya.

Melalui media sosial Instagram @ChilesJordan, Kamis (15/8/2024), Jordan Chiles mengaku bahwa ia sangat terpukul saat tahu bahwa medali perunggunya dicabut.

Meski sempat mengajukan banding balasan, namun nyatanya tak berbuah manis dan Jordan Chiles harus menerima kenyataan untuk mengembalikan medali perunggu yang belum lama ia miliki.

“Saat merayakan prestasi Olimpiade saya, saya mendengar berita buruk bahwa medali perunggu saya telah dicabut,” tulis Chiles.

“Saya yakin dengan banding yang diajukan oleh (USA Gymnastics), yang memberikan bukti konklusif bahwa skor saya mengikuti semua aturan. Banding ini tidak berhasil.”

“Saya tidak bisa berkata apa-apa."

“Keputusan ini terasa tidak adil dan merupakan pukulan telak, tidak hanya bagi saya, tetapi juga bagi semua orang yang telah mendukung perjalanan saya."

"Selain kesedihan, serangan bermotif rasial yang tidak terduga di media sosial adalah salah dan sangat menyakitkan."

Saya telah mencurahkan hati dan jiwa saya ke dalam olahraga ini dan saya sangat bangga mewakili budaya dan negara saya."

“Saya tidak akan pernah goyah dari nilai-nilai saya untuk bersaing dengan integritas, berjuang untuk keunggulan, menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan aturan-aturan yang mendiktekan keadilan."

"Saya bangga menyemangati semua orang terlepas dari tim atau negaranya."

"Menemukan kegembiraan lagi telah menjadi perubahan budaya dan saya senang melihat orang lain menerimanya."

"Saya merasa telah memberi semua orang izin untuk menjadi diri mereka sendiri.

“Saya kini dihadapkan pada salah satu momen paling menantang dalam karier saya."

"Percayalah ketika saya mengatakan bahwa saya telah mengalami banyak momen."

"Saya akan menghadapi tantangan ini sebagaimana saya menghadapi tantangan lainnya – dan akan melakukan segala upaya untuk memastikan keadilan ditegakkan."

"Saya percaya bahwa di akhir perjalanan ini, orang-orang yang memegang kendali akan melakukan hal yang benar," pungkasnya.

(Tribunnews.com/Isnaini)

Editor: Drajat Sugiri

Tag:  #medali #perunggu #olimpiade #paris #2024 #milik #atlet #senam #dicabut #penyebabnya

KOMENTAR