Ada Pemain Indonesia di Klub Jerman: Bermarga Sitohang, Berposisi Gelandang Serang
Potret pemain keturunan Indonesia, Miguel Sitohang (tengah) yang bermain di klub Jerman [Instagram @m.amaral.photos]
17:06
15 Agustus 2024

Ada Pemain Indonesia di Klub Jerman: Bermarga Sitohang, Berposisi Gelandang Serang

Pemain berdarah Indonesia diketahui ada juga yang menjalani karier sepak bola di Portugal. Pemain itu masih berusia 23 tahun.

Ia memiliki darah Batak, Sumatera Utara. Pemain ini bermarga Sitohang. Nama lengkap si pemain ini, Luis Miguel Sitohang.

Miguel Sitohang saat ini tercatat bermain di klub yang berafiliasi dengan 1. FC Kaiserslautern, yakni 1. FCK Portugiesen.

Mengutip dari data playmakerstats.com, Miguel bergabung di klub itu pada musim lalu, 2023/2024.

Baca Juga: Elkan Baggott vs Mees Hilgers: Siapa Layak Jadi Bek Andalan Timnas Indonesia?

Pemain berdarah Batak, Miguel Sitohang (menginjak bola) di klub Portugal, Atlético Clube de Portugal (Instagram @miguelsitohang)Pemain berdarah Batak, Miguel Sitohang (menginjak bola) di klub Portugal, Atlético Clube de Portugal (Instagram @miguelsitohang)

Sebelumnya, ia lama berkarier di sejumlah klub kecil Portugal, seperti UDR Santa Maria, ADCEO, hingga Atlético CP.

Dari catatan kariernya di klub-klub tersebut, Miguel Sitohang memiliki menit bermain cukup bagus. Seperti saat membela UDR Santa Maria, ia tercatat bermain sebanyak 12 pertandingan.

Sementara di klub ADCEO, ia bermain sebanyak 20 pertandingan. Pemain bertinggi badan 170 cm ini, bisa di-plot sebagai gelandang serang, namun juga bisa jadi gelandang sentral.

Dikutip dari unggahan klub yang ia bela, Miguel Sitohang sempat mencetak gol saat laga uji coba melawan TSG 1849 Deidesheim. Saat itu FCK Portugiesen menang 3-2.

Bukan hal mudah untuk Miguel bisa berkarier di Liga Portugal. Menurutnya, kompetisi di Portugal sangat kompetitif dan ia dituntut untuk terus berkembang.

Baca Juga: Digadang Bela Timnas, Eks Pemain Klub Yunani Ucap Selamat Tinggal: Thank You Indonesia

“Di Portugal sangat kompetitif. Semua pemain di sini memiliki kualitas. Tetapi saya cukup percaya diri dengan kemampuan saya. Saya pemain yang baik dan berada di klub yang baik,” ucapnya kepada Suara.com beberapa waktu lalu.

“Saya hanya perlu bekerja keras untuk mendapatkan apa yang saya inginkan di sini. Saya tidak mau terus berada di zona nyaman,” tambah pemain yang mengaku mengidolakan Cristiano Ronaldo tersebut.

Diakui oleh Miguel bahwa ibunya sendiri lahir di Jakarta dan datang ke Portugal pada usia 18 tahun.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #pemain #indonesia #klub #jerman #bermarga #sitohang #berposisi #gelandang #serang

KOMENTAR