Rekam Jejak Darije Kalezic, Eks PSM Makassar yang Kini Latih Rafael Struick di ADO Den Haag
Pelatih Kepala PSM Makassar Darije Kalezic dalam jumpa pers jelang laga terakhir Liga 1 2019 melawan Persib Bandung di Graha Persib, Bandung, Senin (21/12). [Suara.com/Aminuddin]
21:18
13 Agustus 2024

Rekam Jejak Darije Kalezic, Eks PSM Makassar yang Kini Latih Rafael Struick di ADO Den Haag

Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick, memiliki pelatih yang cukup familiar dengan sepak bola, dialah Darije Kalezic, eks pelatih PSM Makassar.

Kiprah Rafael Struick di sebagai ADO Den Haag berada di bawah tempaan seorang pelatih yang sangat familiar dengan sepak bola Indonesia.

Rafael Struick diasuh oleh pelatih yang pernah menukangi PSM Makassar di Liga 1 2019, meski musim itu tak berjalan sesuai harapan.

PSM Makassar saat itu berakhir di peringkat ke-12 klasemen akhir dengan koleksi 44 poin, sosok yang dimaksud adalah Darije Kalezic.

Baca Juga: Rafael Struick Hadapi Hal Berat di Debut Starter Ado Den Haag, Kesal Digantikan Usai Teman Dapat Kartu Merah

Pelatih kelahiran Swiss dengan kewarganegaraan Belanda dan Bosnia-Herzegovina, setahun sudah ia ditunjuk sebagai manajer ADO Den Haag.

Rekam Jejak Darije Kalezic

Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic (kanan) dan pemainnya Rivky Mokodompit (tengah) dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Bhayangkara FC (suara.com/Adie Prasetya Nugraha).Pelatih PSM Makassar Darije Kalezic (kanan) dan pemainnya Rivky Mokodompit (tengah) dalam jumpa pers usai pertandingan melawan Bhayangkara FC (suara.com/Adie Prasetya Nugraha).

Darije Kalezic mengawali kiprah sebagai pelatih di tahun 2006 bersama klub kasta kedua Liga Belanda, De Graafschap Doetinchem.

Sempat hijrah ke Belgia menukangi Zulte Waregem pada 2011, Darije kembali ke Belanda pada 2013 menukangi PSV U-21.

Di tahun 2016, Darije mencoba berkarier di Asia tepatnya di Liga Arab Saudi menjadi pelatih Al-Taawoun meski hanya satu musim.

Baca Juga: Nyaris Lumpuh 'Gara-gara' Belanda, Kiper Keturunan Indonesia: Saya Menangis

Sebelum akhirnya ditunjuk sebagai pelatih PSM Makassar pada 2019, kariernya di Liga Indonesia pun cukup singkat dengan hanya satu musim.

Pemain Timnas Indonesia Rafael Struick berebut bola dengan pemain Timnas Irak dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pemain Timnas Indonesia Rafael Struick berebut bola dengan pemain Timnas Irak dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Beranjak dari Makassar, Darije kembali ke Belanda dan melatih klub kasta kedua MVV Maastricht pada 2020 sebelum direkrut Utrecht U-21 pada 2021.

Dua tahun menukangi Utrecht U-21, Darije Kalezic kemudian dipinang ADO Den Haag pada 2023 lalu hingga kini masih berjalan.

Menurut laman resmi Transfermarkt, pelatih berusia 54 tahun itu dikontrak hingga Juni 2025 mendatang.

Di bawah tangan dinginnya, diharapkan Rafael Struick mampu menjelma sebagai sosok striker haus gol untuk klub dan juga Timnas Indonesia.

Profil Singkat Darije Kalezic

Nama Lengkap: Darije Kalezic

Tanggal Lahir/Usia: 1 November 1969/54 Tahun

Tempat Lahir: Pfäffikon, Swiss

Kewarganegaraan: Belanda, Bosnia-Herzegovina

Lisensi Kepelatihan: UEFA Pro Licence

Formasi Favorit: 4-3-3 bertahan

(Eko)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #rekam #jejak #darije #kalezic #makassar #yang #kini #latih #rafael #struick #haag

KOMENTAR