Debut Manis Asnawi Mangkualam di Liga Thailand: Main 16 Menit Bawa Port FC Comeback
Pemain Timnas Indonesia sekaligus Port FC Thailand Asnawi Mangkualam (instagram Asnawi)
10:42
12 Agustus 2024

Debut Manis Asnawi Mangkualam di Liga Thailand: Main 16 Menit Bawa Port FC Comeback

Asnawi Mangkualam Bahar masih kesulitan menembus tim inti dari Port FC. Hal itu ditandai dengan tidak masuknya kapten Timnas Indonesia itu ke starting XI Port FC di laga perdana Liga Thailand 2024/25.

Pemain berusia 25 tahun itu memulai pertandingan melawan PTT Rayong dari bangku cadangan. Pada laga yang berlangsung di WHA Rayong Stadium, Sabtu (10/8), Asnawi baru masuk di menit ke-80.

Asnawi menggantikan bek kanan langganan Timna Thailand, Suphanan Bureerat pada menit ke-80. Saat Asnawi masuk, Port FC sedang tertinggal 0-1.

Port FC bahkan sudah tertinggal satu gol sejak menit ke-39 lewat gol David Cuerva. Namun sejak Asnawi masuk, Port FC bangkit memperbaiki penampilan.

Baca Juga: Status Maarten Paes Tak Jelas, Tobias Schwarz Kiper Swiss Berdarah Indonesia Layak Dicoba

Kebangkitan Port FC dimulai dengan gol bunuh diri Diego Silva di menit ke-85. Gol kedua kemudian menyusul di menit ke-89 lewat gol Teerasan Poeiphimai di menit 89.

Memasuki masa injury time, Port FC menambah keunggulan lewat gol kedua Poeiphimai di menit 90+3. Sampai wasit meniup peluit panjang, skor 3-1 untuk kemenangan Port FC bertahan.

Bagi Asnawi ini adalah pertandingan pertama buat Port FC musim 2024/25 dan ke-13 secara total di Liga Thailand sejak bergabung pada jendela transfer tengah musim lalu.

Memang masih sulit untuk Asnawi menembus tim utama. Dari 13 kali kesempatan itu, Asnawi hanya lima kali tampil sebagai starter dan empat di antaranya ditarik keluar.

Kendati begitu, penampilan Asnawi sepanjang 16 menit di laga melawan Rayong cukup impresif khususnya dari segi bertahan.

Baca Juga: Nasib Maarten Paes Menggantung, Timnas Indonesia Panggil Kiper Belanda Bertinggi 1,85 Meter!

Disitat dari Fotmob, Asnawi mencatatkan 3 kali clearances dan dua kali melakukan aksi bertahan yang berhasil. Asnawi juga tercatat 9 kali ikut dalam aksi menyerang Port FC.

Dari sembilan kali kesempatan itu, Asnawi sekali menyentuh bola di kotak penalti lawan lewat aksi dribelnya dari sisi kanan. Sayang umpan silangnya belum menemui kawannya.

Menilik penampilan Asnawi di laga melawan Rayong, sang pemain harus lebih sering terlibat dalam serangan sebagai bek kanan. Hal itu ditunjukkan oleh Suphanan Bureerat yang mampu melepas dua tembakan dan melepas tiga umpan silang sukses.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #debut #manis #asnawi #mangkualam #liga #thailand #main #menit #bawa #port #comeback

KOMENTAR