4 Pemain Timnas Indonesia yang Ditakuti Pelatih Vietnam Philippe Troussier, Abroad Semua
Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick (kiri) tampil di Piala Asia 2023 Qatar. [KARIM JAAFAR / AFP]
18:12
19 Januari 2024

4 Pemain Timnas Indonesia yang Ditakuti Pelatih Vietnam Philippe Troussier, Abroad Semua

Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier mengakui para pemain muda Timnas Indonesia memiliki potensi besar untuk menyulitkan timnya. Setidaknya ada empat pemain yang dia takuti jelang bentrok di Piala Asia 2023. Semua pemain itu berkarier di luar negeri atau abroad.

Vietnam akan menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha pada Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Troussier pertama-tama menyebut nama Marselino Ferdinan yang dianggap sebagai salah satu pemain Timnas Indonesia yang tampil mengesankan kontra Irak.

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (Kanan) Saat Laga Perdana Kontra Irak. (pssi.org)Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (Kanan) Saat Laga Perdana Kontra Irak. (pssi.org)

Marselino mencetak satu-satunya gol ketika skuad Garuda dibungkam Irak dengan skor 1-3 dalam matchday pertama Grup D pada Senin (15/1/2024).

"Saya paling terkesan dengan pemain nomor 7 mereka, gelandang Marselino Ferdinan," kata Troussier dikutip dari media Vietnam, TheThaoVanHoa, Jumat (19/1/2024).

"Dia tampil luar biasa di pertandingan sebelumnya [lawan Irak]. Tapi secara obyektif, kekuatan terbesar Indonesia adalah permainan kolektif."

Selain Marselino Ferdinan, juru taktik asal Prancis itu turut menyebut tiga nama lainnya yang kebetulan juga pemain muda di skuad Timnas Indonesia.

Mereka adalah Rafael Struick, Ivar Jenner, dan Justin Hubner. Tiga pemain ini masih berusia 20 tahun dan baru dinaturalisasi PSSI tahun ini.

"Indonesia punya permainan berimbang antara menyerang dan bertahan," kata Troussier.

"Selain Marselino, mereka juga punya pemain bagus nomor 11 [Rafael Struick] dan dua gelandang tengah [Ivar Jenner dan Justin Hubner] yang bermain bagus dan kuat," tambahnya.

Gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner Saat Menjalani Sesi Latihan Bersama Timnas Indonesia.  (pssi.org)Gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner Saat Menjalani Sesi Latihan Bersama Timnas Indonesia. (pssi.org)

Menurut Troussier, Vietnam harus tampil dominan dalam penguasaan bola dalam menghadapi Timnas Indonesia. Dia berharap The Golden Star Warriors bisa menjalankan instruksinya demi meraih kemenangan.

"Di laga ini kami harus meraih hasil bagus untuk mengonfirmasi posisi kami. Para pemain akan menjalani laga ini seperti laga final SEA Games atau Paila AFF," tegas Troussier.

Laga kedua Grup D ini bakal menentukan nasib kedua tim di Piala Asia 2023. Andai gagal meraih poin penuh, peluang Timnas Indonesia maupun Vietnam untuk melangkah ke 16 besar bakal sangat tipis.

Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat empat atau terakhir dalam klasemen Grup D dengan nol poin, setara Vietnam tetapi kalah jumlah mencetak gol.

Di laga terakhir, Indonesia akan berhadapan dengan tim raksasa Jepang, sementara Vietnam ditunggu Irak.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #yang #ditakuti #pelatih #vietnam #philippe #troussier #abroad #semua

KOMENTAR