Pesan Pemain Timnas Indonesia U-16 untuk Matthew Baker: Tetap Bersama dan Juara Piala Asia!
Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker (kanan) dipanggil Timnas Australia untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. [Dok. PSSI]
17:18
31 Juli 2024

Pesan Pemain Timnas Indonesia U-16 untuk Matthew Baker: Tetap Bersama dan Juara Piala Asia!

Wonderkid Persija Jakarta, Zahaby Gholy berharap Matthew Baker tetap membela Timnas Indonesia U-16 kendati tengah diincar Australia. Dia pun mengajak bek 15 tahun itu untuk turut berjuang meraih mimpi juara Piala Asia U-17 2025.

Matthew Baker dan Zahaby Gholy merupakan rekan satu tim di Timnas Indonesia U-16 saat tampil di Piala AFF U-16 2024 di Solo, Jawa Timur pada Juni lalu.

Meski tak berhasil membawa Garuda Asia mempertahankan gelar juara, Gholy, Baker dan para pemain asuhan Nova Arianto masih mampu mempersembahkan gelar peringkat tiga terbaik.

Selepas Piala AFF U-16 2024, Matthew Baker nyatanya mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Australia U-17. Namanya masuk dalam daftar 24 pemain yang dipersiapkan untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2024.

Baca Juga: PSSI: Matthew Baker Komitmen Tetap Bela Timnas Indonesia

Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker. (Instagram/mat_baker09)Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker. (Instagram/mat_baker09)

Secara aturan, Baker memang masih bisa memperkuat Australia. Pasalnya, saat ini, dia berstatus kewarganegaraan ganda terbatas sebagaimana merujuk laman resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

"Kewarganegaraan ganda terbatas dimaksudkan bahwa Pemerintah RI mengakui status kewarganegaraan ganda yang dimiliki seorang anak hingga berumur 18 tahun dan/atau belum menikah," demikian keterangan Kemenlu dikutip Suara.com pada Rabu (31/7/2024).

Selain perihal umur, Matthew Baker berhak memperoleh kewarganegaraan ganda terbatas karena masuk kategori "Anak yang dilahirkan dari pasangan ayah WNA dengan ibu WNI."

Baker diketahui punya darah Indonesia dan Batak dari ibunya yang lahir di Jakarta. Sementara ayahnya adalah warga negara Australia.

Terlepas dari kemungkinan "membelot", PSSI melalui anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga telah menegaskan Baker dan keluarganya berkomitmen untuk tetap membela Timnas Indonesia.

Baca Juga: Mantap Nih, Erick Thohir Bongkar Peta Persaingan Pelatih Timnas Indonesia Antara Shin Tae-yong, Nova dan Indra Sjafri

Wonderkid Persija Jakarta, Zahaby Gholy berharap Matthew Baker tetap membela Timnas Indonesia U-16 kendati tengah diincar Australia. [Dok. Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]Wonderkid Persija Jakarta, Zahaby Gholy berharap Matthew Baker tetap membela Timnas Indonesia U-16 kendati tengah diincar Australia. [Dok. Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Gholy selaku rekannya pun berharap Baker tetap bersama mereka, mengingat Timnas Indonesia U-16 segera menggelar persiapan jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 yang akan berlangsung pada Oktober 2024.

"Semoga kita main bareng lagi di AFC (Kualifikasi Piala Asia U-17 2025). Kalau rezeki bisa main bareng, semoga dapat gelar juara AFC dan kasih terbaik untuk tim U-17," kata Gholy saat ditemui awak media termasuk Suara.com di Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Timnas Indonesia U-16 asuhan Nova Arianto akan kembali menggelar pemusatan latihan (TC) mulai 11 Agustus hingga 1 September di Bali, sebelum dilanjutkan dari 1-15 September di Jakarta.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pesan #pemain #timnas #indonesia #untuk #matthew #baker #tetap #bersama #juara #piala #asia

KOMENTAR