Jadi Rebutan Indonesia dan Australia, Matthew Baker Punya Kewarganegaraan Ganda?
Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker (kanan) dipanggil Timnas Australia untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. [Dok. PSSI]
15:06
31 Juli 2024

Jadi Rebutan Indonesia dan Australia, Matthew Baker Punya Kewarganegaraan Ganda?

Nama Matthew Baker jadi perbincangan di dunia sepak bola Tanah Air. Pasalnya, bek berusia 15 tahun itu kini jadi rebutan Timnas Indonesia dan Australia.

Matthew Baker sebelumnya telah membela Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 pada Juni lalu.

Dalam event yang berlangsung di Solo, Jawa Tengah itu, Matthew Baker jadi pilar penting Garuda Asia di lini belakang.

Bersama I Putu Panji, pemain berdarah Batak itu tampil menjanjikan dalam skema permainan pelatih Nova Arianto.

Baca Juga: Gerak Cepat! Ini Respon Berkelas Matthew Baker Usai Dipanggil Timnas Australia U-17

Selepas membantu Timnas Indonesia U-16 merebut peringkat tiga terbaik, Matthew Baker nyatanya ingin dibajak oleh Australia.

Ya, Baker diketahui merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Melbourne pada 2009 silam.

Setelah membela Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024, Australia coba membajaknya untuk membela tim U-17 jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Menariknya, Australia dan Indonesia sejatinya tergabung di Grup G pada Kualifikasi Piala ASia U-17 2025. Fakta itu membuat persaingan memperebutkan Baker kian memanas.

Pertanyaannya, kenapa Baker yang jelas-jelas sudah membela Timnas Indonesia U-16 masih digoda Australia untuk membela negara mereka?

Baca Juga: Mau Dibajak Timnas Australia, Sehebat Apa Matthew Baker Hingga Harus Diperjuangkan Timnas Indonesia?

Kewarganegaraan Ganda Terbatas

Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker. (Instagram/mat_baker09)Bek Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker. (Instagram/mat_baker09)

Merujuk laman resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Matthew Baker termasuk dalam kategori anak yang berhak memiliki kewarganegaraan ganda terbatas mengingat usianya masih 15 tahun.

"Kewarganegaraan ganda terbatas dimaksudkan bahwa Pemerintah RI mengakui status kewarganegaraan ganda yang dimiliki seorang anak hingga berumur 18 tahun dan/atau belum menikah," demikian keterangan Kemenlu dikutip pada Rabu (31/7/2024).

Selain berusia di bawah 18 atau belum menikah, Matthew Baker berhak punya status kewarganegaraan ganda terbatas karena masuk kategori "Anak yang dilahirkan dari pasangan ayah WNA dengan ibu WNI."

Baker diketahui punya darah Indonesia dan Batak dari sang ibu yang lahir di Jakarta. Sementara ayahnya adalah warga negara Australia.

Status kewarganegaraan ganda yang dimiliki Matthew Baker menjadi kunci utama dalam perebutan bakatnya.

Tantangan bagi Indonesia

Panggilan untuk membela Timnas Australia U-17 tentu menjadi tantangan besar bagi Timnas Indonesia U-16. Pasalnya, Baker telah menjadi bagian penting dari skuad Garuda Muda dan kontribusinya sangat berarti.

Kehilangan pemain seperti Baker tentu akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan tim, terutama dalam menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di mana Indonesia dan Australia berada dalam satu grup.

Profil dan Biodata Matthew Baker

Tempat, Tanggal Lahir: Melbourne, 15 Mei 2006

Klub: Melbourne City U-18

Posisi Bermain: Fullback kiri, Gelandang

Kewarganegaraan: Indonesia, Australia

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jadi #rebutan #indonesia #australia #matthew #baker #punya #kewarganegaraan #ganda

KOMENTAR